Komunitas Wartawan Gelar Aksi Donor Darah

Kedua wartawan dari Ponorogo sedang donor darah

Suarakumandang.com,BERITA PONOROGO. Minimnya stock trombosit di palang merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur akibat status Kejadian Luar Biasa (KLB) demam berdarah menggugah sejumlah wartawan yang bertugas di wilayah Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur menggelar aksi donor darah. Selain awak media aksi donor darah ini juga diikuti sejumlah warga dan intansi pemerintahaan.

“Donor darah dilakukan di balai wartawan Ponorogo. Donor darah ini sebagai wujud kepedulian wartawan bersama masyarakat dan sejumlah jajaran serta instansi di lingkup pemerintah kabupaten  Ponorogo, karena sampai saat ini status kejadian luar biasa demam berdarah belum dicabut,”ujar Soedjarno Wakil Bupati Ponorogo.Senin,(11/02/2019).

Dijelaskan pula, dari awal januari hingga hari ini sudah tercatat sedikitnya 973 penderita demam berdarah yang dirawat di enam rumah sakit, sementara jumlah korban meninggal dunia sebanyak sembilan orang.

Dalam hal ini, pihak dinas kesehatan justru mencatat jumlah korban meninggal dunia hanya lima orang. Sementara Bupati Ponorogo, beberapa waktu lalu sudah menyatakan jika tujuh orang dinyatakan meninggal dunia akibat DBD.

Sementara aksi donor darah ini dampak dari keprihatinan wartawan usai melakukan peliputan yang melihat masih banyaknya penderita DBD di rumah sakit. Bahkan beberapa diantaranya terpaksa dirawat di lorong rumah sakit akibat overload.  Termasuk minimnya stok trombosit di PMI di Ponorogo.

Sementara itu, Supriyadi ketua Komunitas wartawan Ponorogo mengatakan saat ini yang paling urgent kegiatannya adalah donor darah, mengingat Ponorogo saat ini sedang KLB.

“Ada penetapan status itu PMI sendiri kekurangan darah yang dibutuhkan masyarakat, oleh sebab itu komunitas wartawan Ponorogo hari ini menggelar donor darah.  Selain masyarakat umum kami juga mengundang instansi samping seperti Polres, Kodim dan pemerintah kabupaten Ponorogo,”terang Supriyadi.

Masih kata Supriyadi, seperti diketahu, sampai hari ini stok trombosit di PMI masih minim, yakni trombosit golongan darah o ada dua kantong, golongan  A ada 14 kantong, B ada 14 kantong sementara trombosit golongan darah ab ada lima kantong.”Info sementara itu yang kami dapat dari pihak PMI kabupaten Ponorogo,”kata Supriyadi kepada wartawan. Cahyo.

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.