KIM Desa Sumberdodol Kembangkan Ikan Koi dan Wader

SOTIR IKAN:Yadi ketua KIM desa Sumberdodol sedang menyotir ikan Koi yang akan dipindahkan ke kolam

Suarakumandang.com,BERITA MAGETAN.Kelompok Informasi Masyarakat  (KIM) Tirto Manunggal desa Sumberdodol Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur mengembangkan ikan Koi dan ikan wader dihalaman belakang kantor balai Desa Sumberdodol.

Yadi ketua KIM mengatakan pihaknya mulai mengembangkan  kedua jenis ikan tersebut sudah 7 bulan sejak bulan Februari tahun 2018. “Alḥamdulillāh  dalam waktu  7 bulan ini saya bersama anggota KIM lainnya  yang tergolong baru dalam pengelolaan dan pengembangan ikan sudah merasakan  panen satu kali. “ujar Yudi ketua KIM

“Ikan Koi tidak dijual berdasarkan  berat, namun penjualannya berdasarkan  panjang ikan, dan motif. Panen kali pertama  sebanyak 254 ekor masing-masing panjang 20 sampai 30 cm. Per-cm seharga Rp2.000 sampai 2.500,“kata Yadi

Dijelaskan, panen sebanyak 254 ekor di kolam ukuran 12×12. Pengembangan ikan Koi di desa Sumberdodol terdapat 6 kotak kolam satu  dari 6 kotak berisikan ikan wader berjumlah 60 ribu ekor, ikan Koi yang ukuran 5 sampai 10 cm berjumlah  35 ribu ekor, sedagkan ukuran 15 sampai 25 cm berjumlah 150 ekor.”6 kolam ini adalah milik desa, kami disini dipercaya untuk mengelola. “tuturnya.

“Sangat di sayangkan jika  desa Sumberdodol yang memiliki sumber alam yang  berlimpah , terutama sumber mata airnya yang tak pernah berhenti meski di musim kemarau tidak digunakan semaksimal mungkin,”terang Yadi kepada suara kumandang. Jumat,(10/08/2018).

Selama ini dalam pengelolan 6 kolam tersebut pihak desa hanya mefasilitasi kolam, sedangkan untuk bibit ikan pihak KIM bekerjasama dengan pihak ketiga. “Kami berharap jika semua nanti dapat berjalan dengan lancar sesuai rencana maka tidak menutup kemungkinan akan dikembangkan lebih besar,”papar Yadi.

“Kami yakin jika KIM dan pemuda desa Sumberdodol mau bersama-sama dalam mengelola sumber ala mi ni dengan sebaik mungkin maka tidak menutup kemungkinan  akan dapat menambah PAD desa, meskipun saat ini PAD desa Sumberdodol sudah terbilang tinggi terutama dari mata air yang tak pernah berhenti mengalir,”ucapnya.

Dikatakan kolam dekat dengan sendang diisi ikan koi yang bertujuan untuk wahana wisata desa yang kedepan pengujung bisa menikamti ikan yang berenang dengan air yang sangat jernih.

Sementara itu, dalam pengelolan ikan pihak KIM tidak hanya berfokus pada jenis ikan Koi dan Wader, akan tetapi juga melakukan pengembangan ikan lele. Cahyo.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.