Connect with us

SKI News

Kapolres Ponorogo : Masyarakat Tak Perlu Takut Operasi Zebra Semeru 2019

Published

on

Pemasangan Pita Biru Operasi Zebra Semeru 2019. Oleh Kapolres Ponorogo AKBP Arief Fitrianto

Suarakumandang.com, BERITA PONOROGO, Rabu (23/10/2019), Operasi Zebra Semeru 2019, resmi digelar diwilayah hukum Polda Jawa Timur. Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tertib lalu lintas ini diadakan selama 14 hari kedepan. Sanksi tegas berupa tilang pun diberlakukan bagi para pelanggar lalu lintas.

Kapolres Ponorogo AKBP Arief Fitrianto mengatakan tujuan operasi zebra semeru ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib dalam berlalu lintas dan operasi ini Kita laksanakan selama 14 hari mulai terhitung hari ini, rabu (23/10/2019).

“Dan Kita lebih mengedepankan untuk penindakan hukum, karena untuk meningkatkan kesadaran masyarakat,” Kata AKBP Arief kepada Jurnalis Suara Kumandang.

Masih kata Arif, dalam operasi zebra semeru pihaknya mengutamakan kegiatan represif atau tindakan hukum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas.

“Namun kegiatan preventifnya tetep Kita lakukan, mulai dari penjagaan, pengaturan, kemudian juga pembinaan kepada masyarakat tetep Kita lakukan,  namun Kita lebih menitik beratkan terhadap penindakan hukumnya,” Tegas AKBP Arief.

Masih lanjut Arief dalam operasi zebra semeru pihaknya menyasar 8 katagori pelanggaran lalu lintas.

 

“Ada 8 sasaran, diantaranya :

  1. Pengendara motor yang tidak menggunakan helm standard.
  2. Pengendara roda empat yang tidak menggunakan safety belt.
  3. Melebihi batas kecepatan.
  4. Mengemudikan kendaraan dalam pengaruh Alkohol.
  5. Pengendara kendaraan dibawah umur
  6. Gunakan hanpone saat mengemudi.
  7. Melawan arus.
  8. Keabsahan surat-surat pengemudi.

Selain itu, AKBP Arief menghimbau kepada masyarakat untuk tidak takut terhadap razia tersebut. “Tetep beraktivitas seperti biasa, jangan nanti karena ada razia jadi takut, tapi paling tidak jika patuh pada peraturan berlalu lintas, Kita tidak cari-cari kesalahan yang penting masyarakat tertib Kita tetep beri kenyamanan Kepada masyarakat,” Pungkasnya.

Sementara itu, kasat lantas Polres Ponorogo AKP Bambang Prakoso berharap dengan terlaksananya Operasi Zebra Semeru 2019 akan meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas sehingga terwujud situasi lalu lintas yang aman, selamat, tertib dan lancar di Kabupaten Ponorogo.

Jurnalis: Yoga Kariem (Magang).

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.