Connect with us

SKI Kesehatan

Kanang Keluarkan 5 Instruksi Tanggulangi Covid-19

Published

on

Kanang gelar press release keluarkan instruksi untuk menahan penyebaran Covid-19 memasuki wilayah Ngawi ( 16/03/2020)

Suarakumandang.com, BERITA NGAWI. Merespon perkembangan covid-19 yang dinyatakan sebagai Pandemi, forkompinda Ngawi menggelar konfresi pers sebagai bentuk upaya untuk meredam kepanikan masyarakat dan menanggulangi penularan virus korona.

Didampingi Danrem 081/ DSJ Madiun, Dandim 0805, Kapolres Ngawi dan jajaran Forkompinda lainya, Bupati Ngawi menyampaikan kondisi Ngawi secara umum telah aman dari penyakit menular tersebut dalam jumpa pers di taman Pendopo Ngawi, Senin siang ( 16/03/2020).

“Pernyataan ini sebagai kebijakan awal agar masyarakat tidak panik namun tetap waspada dengan kondisi ini,” kata Budi ‘Kanang’ Sulistyono Bupati Ngawi diawal sambutanya.

“Press release perlu dilakukan menindaklanjuti arahan Presiden, surat edaran menteri dan surat edaran Gubernur Jatim, maka dihimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan dengan jalan melakukan pola hidup sehat, rajin cuci tangan, membatasi kontak fisik atau tidak bersalaman dan mengurangi aktivitas di luar rumah yang sekiranya tidak perlu,” lanjut Kanang.

Selanjutnya sebagai langkah antisipatif Kanang  menginstruksikan 5 langkah demi menahan penularan virus korona memasuki wilayah Ngawi.

Pertama, menutup sejumlah tempat wisata selama 2 pekan ini, utamanya Benteng Van Den Bosch, sekaligus akan dilakukan pembersihan pada tempat wisata tersebut.

Kedua, fasilitas umum seperti pasar, instansi pemerintahan diharapkan menyediakan extra wastafel dan hand sanitizer.

Ketiga, mengintruksikan pada tingkat RT / RW, agar melaporkan jika ada tamu atau warganya yang pulang dari luar kota.

Keempat, menghentikan kegiatan pembelajaran di sekolah pada semua jenjang dan harus menggantinya dengan aktivitas  belajar di rumah mulai tanggal 16 – 29 maret, kecuali yang melakukan ujian nasional.

Terakhir, penanganan untuk masjid dihimbau menggulung karpet dan menyemprotnya dengan antiseptik.

“Instruksi ini sebagai antisipasi penyebaran virus korona sejalan dengan himbauan  Pemerintah dan agar dipatuhi oleh masyarakat Ngawi” pungkasnya.

 Jurnalis:  Ahmad Hakimi.

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.