Ini Alasan Kustini Gelar Gebyar Gemarikan

Kustini kepala dinas Perternakan dan perikanan kabupaten Magetan

Suarakumandang.com,BERITA MAGETAN. Dinas Perternakan Dan Perikanan Kabupaten Magetan, Jawa Timur mengadakan Gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gebyar Gemarikan) yang diadakan dilapangan kelurahan Mangkujayan,  tepatnya di depan Kantor Polisi Sektor (Polsek) Magetan Kota.

Kustini kepala dinas Perternakan dan perikanan kabupaten Magetan mengatakan pihaknya mengadakan gebyar gemarikan ini salah satu upaya untuk mengkampanyekan makan ikan kepada masyarakat Magetan khususnya kepada anak-anak generasi,”Gebyar Gemarikan ini adalah salah satu upaya kami untuk mencerdaskan bangsa khususnya  bagi anak-anak ,”ujar Kustini, Rabu,(10/10/2018).

Dijelaskan pula, dalam mengkomsumsi ikan akan mmbantu pertumbuhan, terutama pertumbuhan otak dan tulang anak. Makan ikan selain protein yang tinggi, ikan juga mengandung asam lemak omega 3 (yang dibutuhkan untuk pertumbuhan otak), serta kalsium, vitamin D, dan fosfor (yang dibutuhkan anak untuk pertumbuhan tulang).

Tak hanya itu, ikan juga kaya akan vitamin dan mineral lain, seperti vitamin B2, zat besi, zink, yodium, magnesium, dan kalium. Semua vitamin dan mineral tersebut tentu sangat dibutuhkan anak untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara keseluruhan.

“Tak hanya untuk memasyarakatkan makan ikan akan tetapi tujuan lain adalah untuk meningkatkan sumber daya manusia dalam  pengolahan ikan melalui kelompok peternakan,”katanya.

Di acara gebyar gemarikan pihak pemerintah kabupaten Magetan juga menyediakan sejumlah ikan segar yang dijual dengan diskon 50 persen. Ikan yang dijual diantaranya ikan lele, Nila, Tombro, Patin dan Gurami.

Sementara itu, pihak pemerintah juga menyediakan produk Olahan Ikan seperti Abon, Nugget, Siomay, Ekado, Ikan bakar& Goreng, dan Krupuk/lempeng ikan, dengan diskon 50 persen.

Dalam hal ini Kustini juga mengaku jika konsumsi makan ikan di masyarakat  Magetan masih jauh dari harapan di bawah 10 persen. Sementara target nasional 39 persen.”Kalau kita bandingkan  dengan masyarakat pesisir pantai jauh lebih baik karena pengaruh letak geografi  lautan dan daratan ,”ucapnya.

“Nah untuk tercapai target nasional kami terus mengadakan kampanye gebyar Gemarikan dan itu kami adakan  setiap tahunnya,”paparnya.

Sementara itu, dalam acara Gebyar Gemarikan dihadiri Suprawoto Bupati, Nanik Wakil Bupati, Bambang Trianto  Sekda , Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda)  kabupaten Magetan. serta siswa-siswi tingkat SLTP-sekabupaten Magetan.Cahyo.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.