Connect with us

SKI News

Ini Alasan Ketua DPRD Magetan Dukung Pilkades Serentak Dengan Metode E-Voting

Published

on

Karmini Ketua DPRD Kabupaten Magetan

Suarakumandang.com,BERITA MAGETAN. Ketua DPRD Kabupaten Magetan Karmini mengaku setuju dan mendukung program pemerintah kabupaten Magetan, Jawa Timur dalam pemilihan kepala desa secara serentak pada pertengahan desember 2019 dilakukan dengan Metode E-Voting.

“Pertama, dengan e-voting kita tidak perlu mencetak kertas surat suara. Kedua, pemberian suara pun mudah dilakukan, karena hanya dengan cara menyentuh tanda gambar di panel sentuh yang menggambarkan surat suara,” ujar Karmini ketua DPRD Kabupaten Magetan.

Dia juga mengatakan, semua ada kelebihan dan kekurangan dengan cara menggunakan metode  E-voting maupun konvensional yang selama ini digunakan. ”Akan tetapi setelah kami kaji lebih lanjut dan studi banding disejumlah daerah dengan e-voting akan lebih efisiensi biaya dan tenaga,”jelas Karmini.

“Semua hasil pemungutan suara dapat diaudit secara langsung, dengan cara membandingkan hasil elektronik dengan jumlah kertas struk audit. Dan terakhir, efisiensi waktu penyelenggaraan, serta akurasi hasil, dapat membawa manfaat dan dampak yang bisa diperhitungkan dalam efisiensi biaya,” terang Karmini.

“Apalagi  dengan  menggunakan E-voting tingkat kepercayaan lebih terjamin. Dan saya nilai tepat jika metode teknologi e-voting dijadikan pilihan dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa nanti,”kata Karmini kepada jurnalis Suara kumandang.

Masih kata Karmini dengan e-voting  proses penghitungan suara akan menjadi lebih cepat dan akurat, karena pada saat pemungutan suara selesai, dilakukan proses penutupan, dan hasil pemilihan pun bisa langsung diperoleh secara akurat.

“Teknologi E-voting ini mungkin masih asing ditelinga masyarakat bahkan pejabat, tapi lambat laun dengan teknologi karena dampak kemajuan jaman masyarakat akan terbiasa, kalaupun ada kendala ditengah jalan semua itu “lumprah”, dan semua itu akan dipelajari untuk menjadi lebih baik,”tuturnya.

Lanjut Karmini, untuk langkah awal mungkin ada pembengkaan biaya dalam pengadaan alat, selain itu belum familiar di telinga masyarakat terhadap Metode E-Voting.”Saya yakin dengan Metode E-Voting ini akan menuju negara demokrasi yang lebih baik,”pungkasnya.

Jurnalis: Cahyo Nugroho.

 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.