Connect with us

SKI News

Road Show KPK : Ngawi Tidak Dalam Radar

Published

on

Ketua KPK, Agus Raharjo dan Kajari Ngawi, Waito Wongateleng, awasi para pejabat Ngawi untuk antispasi tindak korupsi.

Suarakumandang.com, BERITA NGAWI. Ada hal yang menarik dari Road Show KPK Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi di Kabupaten Ngawi ,Jawa Timur pada awal minggu ini, yaitu Ngawi tidak masuk radar pantau dari penyidikan KPK. Setidaknya hal itu diungkap oleh ketua KPK Agus Raharjo kepada wartawan sesaat usai pembukaan Road Show KPK di gedung DPRD Ngawi (25/06/2019).

“ Rasanya Ngawi tidak ada yang termonitor ( tindak korupsi ), tidak ada yang penting untuk dimasukan dalam radar KPK” kata Agus diselah saat memberikan pesan kepada para legislatif baru untuk menjunjung tinggi nilai kejujuran dan membantu eksekutif melakukan inovasi dalam hal memberantas Korupsi.

Dia juga mengatakan jika roadshow yang diadakan tersebut, merupakan cara KPK melakukan pendekatan kepada masyarakat untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dari korupsi, sehingga perlu peran aktif dari masyarakat baik dalam rangka pencegahan maupun penindakan.

Selanjutnya sejumlah program agenda KPK termasuk Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara ( LHKPN ), untuk mengetahui kekayaan pejabat menjadi berkurang atau bertambah, wajar atau tidak wajar, sehingga dapat diketahui ada tidaknya potensi terjadinya korupsi.

Dan secara aktif peran masyarakat dapat mengawalinya dengan memperhatikan indikator sederhana terhadap pejabat yang bersangkutan.

“Perbandingan kekayaan sebelum dan sesudah menjabat bisa menjadi indikator,misalnya, saat mejabat justru kekayaannya berkurang, bisa jadi unsur amanahnya tinggi, namun sebaliknya jika tidak lama setelah menjabat kekayaanya melonjak tajam, nah itu yang patut masuk bingkai pantauan radar” kata Agus lebih jauh.

Setelah melaksanakan tugas di Propinsi Jawa tengah, rombongan KPK menuju ke Propinsi Jawa timur dan Ngawi merupakan daerah pertama yang dikunjungi sebelum ke kabupaten lainnya.

Selama 2 hari sepanjang hari Selasa dan Rabu, sosialisasi anti korupsi dalam Road Show tersebut  membidik para pejabat pemegang pemerintahan baik eksekutif maupun legislatif, mulai dari Bupati, Wakil Bupati, anggota DPRD, OPD, Camat hingga Kepala desa, kesemuanya mendapatkan edukasi untuk menghindari dan mencegah tindak pidana korupsi.

Tak hanya itu, kegiatan yang terpusat di pendopo Wedya Graha ini juga menyasar para pelajar mulai dari tingkatan sekolah dasar hingga sekolah menengah atas.

Menurut bupati Ngawi perlunya para pelajar dihadapkan pada kegiatan ini tak lain untuk membudayakan pentingnya kejujuran karena pelajar menjadi harapan masa depan terutama mental saat menjadi pejabat.

Sementara itu, Bupati Ngawi Budi Sulistyono ( Kanang ) menyambut positif kedatangan Road Show ini dan akan mendukung aktif kelanjutanya terutama bagi para pelajar Ngawi.“ Agenda budaya anti korupsi sejak dini, utamanya untuk kalangan pelajar, sebagaimana cita-cita pendidikan untuk mewujudkan generasi emas pada tahun-tahun mendatang, serta langkah pencegahan dan penanaman mental anti korupsi, karena pemegang pemerintahan nantinya adalah pelajar yang saat ini masih duduk di bangku sekolah.” Kata Kanang.

Jurnalis:  Ahmad Hakimi.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.