Diskominfo Magetan Kirim Surat ke Kementerian Kominfo RI Minta dibangunkan Menara BTS

Ilustrasi BTS

Suarakumandang.com,BERITA MAGETAN. Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo ) Kabupaten Magetan, Jawa Timur mengirim surat kepada  Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia (RI)  terkait meminta bantuan untuk dibangunkan menara Base Transceiver Station (BTS) diwilayah Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

“Upaya minta untuk dibangunkan menara BTS setelah bapak bupati mengamati wilayah kabupaten Magetan bahwa masih ada ‘Blank Spot’ atau area yang tidak tersentuh sinyal komunikasi,”ujar Suwata Kepala Diskominfo Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Menurutnya, wilayah blank Spot  tersebut merupakan lokasi yang sangat strategis, yaitu diwilayah destinasi wisata, seperti misal wahana wisata dikawasan Mojosemi, Wonomulyo, dan Genilangit di kecamatan Poncol.

“Sebab, ketiga wilayah itu kunjungan wisatanya sangat bagus, bahkan setiap tahunnya terus mengalami kenaikan pengunjung,”kata Suwata.

Dalam hal ini pemerintah kabupaten Magetan mempunyai kewajiban untuk bisa mefasilitasi, “Selama ini diwilayah-wilayah tersebut banyak pengunjung mengeluhkan dengan akses telekomunikasi jaringan internet,”ucapnya.

“Keluhan mereka yaitu pengunjung ketika bermain di kawasan Mojosemi, Genilangit, dan Wonomulyo tidak bisa mengakses internet karena terkendala jaringan internet,”terang Suwata.

Padahal,  lanjut Suwata, saat ini jaringan telekomunikasi sudah menjadi kebutuhan orang.”Bayangkan dijaman sekarang satu orang saja bisa membawa HP satu sampai 2 HP. Mereka akan kecewa dan merasa kehilangan ketika tidak bisa menggunakan HP android untuk mengunggahkan hasil foto maupun video saat itu juga,”paparnya.

“Kalaupun bisa mengunggahkan hasil foto maupun video mereka harus pulang atau mencari singal ditempat yang tentunya jauh dari lokasi wisata,”kata Suwata lagi.

Pemerintah kabupaten Magetan minta dibangunkan BTS dikawasan blank Spot salah satunya untuk memberi pelayanan masyarakat ditempat yang berpotensi.

“Banyak manfaat jika nanti ada menara BTS, selain wisata, secara tidak langsung akan memperlancar komunikasi ekonomi dan bidang lainnya seperti budaya maupun pertanian sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Satu hal lagi yang jelas akan mengangkat nama kabupaten Magetan ditingkat nasional maupun internasional,“kata Suwata kembali.

Sementara itu, Suwata menjelaskan BTS merupakan infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara piranti komunikasi dan jaringan operator.

”Kedepan dengan adanya BTS tersebut semua akses jaringan telekomunkasi khususnya diwilayah blank Spot tadi dapat teratasi sehingga akan memudahkan masyarakat sekitar maupun pengunjung wisata,”pungkasnya.

Jurnalis: Cahyo Nugroho.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.