Connect with us

SKI News

Guru Paud dan TK di Magetan Dianjurkan Berpengantar Bahasa Jawa

Published

on

acara Saresehan Budaya Dolan Maton “Ngiling Wedang Ing Cawan” Saka Driji Dadi Nyawiji. di pendopo Surya Graha Kabupaten Magetan, Jumat,(08/12/2018) lalu.

Suarakumandang.com,BERITA MAGETAN.Salah satu upaya melestarikan Seni dan Budaya Jawa pemerintah kabupaten Magetan, Jawa Timur Mulai  tahun 2019 memprogramkan bahasa jawa sebagai kata pengantar di Sekolah  pendidikan anak usia dini (PAUD) dan Taman Kanak-Kanak (TK).

“Untuk Paud dan TK saya memang anjurkan untuk menggunakan bahasa Jawa  sebagai  kata pengantar,” ujar Suprawoto Bupati Magetan usai acara Saresehan Budaya Dolan Maton “Ngiling Wedang Ing Cawan” Saka Driji Dadi Nyawiji di pendopo Surya Graha Kabupaten Magetan, Jumat,(08/12/2018) lalu.

Menurutnya, kalau bahasa Indonesia nanti akan bisa sendiri, dan itu saya yakin akan bisa sendiri.”Akan menjadi aneh jika orang jawa tidak bisa berbahasa Jawa,”katanya.

“Inilah salah satu cara saya untuk melestarikan seni dan budaya Jawa. Yaitu melalui program  setiap guru Paud dan TK mulai tahun 2019 diwajibkan menggunakan berbahasa Jawa sebagai pengantar,”terangnya.

Cara lain yang dilakukan Mantan Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika (Sekjen Kekominfo) RI untuk melestarikan  seni budaya Jawa setiap satu bulan sekali akan diadakan acara pertemuan.”Memang sesuai rencana acara seperti ini akan dilakukan satu bulan sekali, tapi semua itu tergantung dari teman-teman. Tapi tidak harus bentuknya seperti ini,”terang Suprawoto.

“Pertemuan bisa ditindak lanjuti misalkan teman-teman dari Magetan mengadakan pertemuan secara rutin entah  nantinya mengundang apa dan siapa. Suatu misal mengadakan lomba nulis jawa, pementasan permainan jawa, baca cerpen berbahasa jawa, dan masih banyak lainnya,”kata Suprawoto lagi.

Sementara acara Saresehan Budaya Dolan Maton “Ngiling Wedang Ing Cawan” Saka Driji Dadi Nyawiji yang bertujuan untuk melastarikan seni dan budaya jawa dihadiri sedikitnya 190 siswa-siswi dari perwakilan sekolah SMP dan SMA/SMK se-kabupaten Magetan.Cahyo.

 

 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.