Gebyar Labuhan Sarangan 2018

Gebyar Labuhan Sarangan. Saat akan menenggelamkan tumpeng raksasa ditengah telaga sarangan

Suarakumandang.com, BERITA MAGETAN. Gebyar Labuhan  sarangan 2018 kembali digelar. Acara agenda tahunan ini merupakan salah satu tradisi rutin yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Magetan dan masyarakat sekitar Telaga Sarangan sebagai salah satu rangkaian kegiatan bersih desa Sarangan yang digelar setiap Jumat Pon  bulan Rajab .Minggu(15/4/2018).

Sumantri bupati Magetan mengatakan acara inti dari labuhan Sarangan adalah bersih desa Sarangan, yang diadakan setiap Jumat Pon bulan Rajab.”Acara Gebyar Labuhan Sarangan ini sebenarnya acara bersih desa Sarangan , terus oleh pemerintah kabupaten Magetan dimanfaatkan untuk promosi wisata telaga Sarangan yang dikemas menjadi hari minggu. Tapi bersih desa Sarangan tetap diadakan hari Jumat,”ujar Sumantri disela usai acara gebyar labuhan sarangan 2018.

“Pilihan hari minggu, karena pada hari minggu adalah hari libur, diharapkan banyak pengujung yang mau datang ke wisata Telaga Sarangan,”kata Sumantri.

Harapan pemerintah dan masyarakat Sarangan dengan dibukanya acara ini selain untuk mengenalkan wisata telaga Sarangan juga bisa mendongkrak pendapatan Anggaran daerah (PAD) Kabupaten Magetan.

“Satu hal lagi yang dapat mempengaruhi acara Gebyar Labuhan Sarangan ini adalah roda perekonomian masyarakat Magetan khsususnya Sarangan bisa berjalan dengan baik,”ucap Sumantri.

Perjalanan tumpeng raksasa setinggi 2,5 meter ini dimulai dari balai desa Sarangan. Berjarak kurang lebih 700 meter dari balai desa menuju pintu bibir Telaga Sarangan. Dalam perjalanan tumpeng raksasa juga disertai sayur-sayuran hasil bumi warga setempat.

Tak hanya sampai disitu saja, perjalanan mengantarkan tumpeng raksasa menuju telaga Sarangan juga diikuti para pajurit kuda yang ditunggangi oleh SKPD  Magetan dan tari-tarian yang di mainkan oleh adik-adik SD,SLTP dan SLTA.

Sesampai di lokasi yaitu dimana tempat acara bersih desa Sarangan dilaksanakan, tumpeng raksasa diserahkan kepada sesepuh Sarangan  dan acara dilanjutkan penenggelaman tumpeng raksasa di telaga Sarangan.

Sebelum ditenggelamkan tumpeng raksasa diarak mengelilingi telaga Sarangan dengan empat speed boot .  sesampai ditengah telaga Sarangan Bupati dan wakil bupati terlebih dahulu menenggelamkan ayam panggang disusul tumpeng raksasa.

Aulia kristiyanti  salah satu pengunjung asal Magetan mengaku sangat senang sekali dengan acara agenda ini.”Senang mas, Sarangan biar ramai, biar banyak pengujungnya jadi secara otomatis roda perekonomian masyarkat Magetan khsususnya Sarangan bisa berjalan,”kata Aulia dengan gembira.

“Mumpung hari libur saya bersama keluarga bermain kesini untuk melihat gebyar labuhan sarangan . Saya sudah 10 kali melihat acara ini,”terangnya.

Sementara itu, acara gebyar labuhan sarangan dihadiri bupati Magetan sumantri, wakil bupati Magetan Samsi, kapolres Magetan AKP Muslimin, Siran kepala dinas Pariwisata , SKPD serta jajaran forkopimda.Ridho.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.