Festival Nelayan Air Tawar Ngawi, Angkat Identitas Nelayan Waduk

ikan waduk pondok akan lebih melimpah, 2 kali dalam setahun ribuan benih disebarkan. Bupati Ngawi buka Festival Nelayan Ngawi di waduk pondok dengan menebar benih ikan air tawar, Selasa ( 09/ 04/2019 )

Suarakumandang.com,BERITA NGAWI. Penghidupan para nelayan air tawar Ngawi kian bersinar , terutama yang menggantungkan penghidupanya di waduk Pondok dan aliaran Bengawan Solo dan anak sungainya dengan dukungan dari Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Ngawi.

Mendampingi Bupati Ngawi Budi ‘Kanang’ Sulistyono, dinas yang dikepalai Ir.Sunito, Selasa ( 09 /04/2019 ), melakukan persemaian benih ikan dan ribuan ekor ikan air tawar di waduk Pondoh desa Dero Kecamatan Bringin.

Kegiatan ini tidak hanya sekedar penebaran benih dan ikan namun utamanya adalah sebuah Festival Nelayan yang diikuti sekitar 300 nelayan berikut puluhan kepala desa di sekitar waduk terluas di Kabupaten Ngawi ini.

Festival Nelayan Ngawi 2019 merupakan acara yang dikemas untuk meningkatkan gairah perekonomian nelayan air tawar yang ada di seluruh kabupaten Ngawi, baik yang berada di sekitar waduk maupun masyarakat aliran Bengawan Solo dan sungai Madiun.

“Tujuan dari Festival Nelayan Ngawi adalah memberikan motivasi kepada masyarakat nelayan waduk dan atau nelayan perairan sungai serta genangan lainnya, selain itu juga untuk mendukung usaha kecil menengah (UKM) dalam pengolahan dan pemasaran hasil perikanan utamanya ikan air tawar.” terang Sunito

Terselenggaranya kegiatan tersebut mendasar kegiatan dpa skpd nomer 3.01.02.03.01.15.002.5.2 tentang kegiatan pengembangan perikanan tangkap, dengan menggunakan anggaran bersumber dari DAU Kab. Ngawi dan juga sponsor dari Provinsi Jawa Timur.

Dalam sambutanya, Bupati Ngawi memastikan kegiatan menabur benih ikan akan dilakukan secara periodik 2 kali dalam setahun dengan asumsi masa panen 4 – 5 bulan.

“Dengan kegiatan penaburan benih ikan tersebut, secara otomatis tidak hanya meningkatkan ekonomi nelayan pribadi, tetapi juga dapat mendorong  dan memajukan serta mempromosikan wisata di Ngawi.” kata Kanang dalam sambutanya.

Kanang juga menginstruksikan untuk menjaga ekosistem perikanan waduk dengan memperhatikan ancaman pencemaran sampah plastik , agar keberlangsungan ekologi ikan air tawar dapat terjaga dan meningkatkan perekonomian para nelayan air tawar.

Jurnalis:  Ahmad Hakimi

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.