Connect with us

SKI News

Distan Ngawi Gunakan 1,76 M untuk Kuatkan Produktifitas Pajale

Published

on

Pembangunan unit irigasi air tanah dalam Kelompok tani Mulyo Desa Sidokerto Kec.Karangjati Ngawi memperkuat produktifitas pertanian setempat

Suarakumandang.com,BERITA NGAWI. Dinas Pertanian Kabupaten ngawi, jawa Timur mendapatkan alokasi anggaran sebesar 1,76 milyar dari  Dana Alokasi Khusus ( DAK) tahun anggaran 2020.

Anggaran sejumlah tersebut diperuntukkan untuk 8 unit kegiatan irigasi air tanah dalam dan 2 unit kegiatan dam parit.

8 irigasi air tanah dalam tersebut, nantinya akan dibangun di 6 kecamatan yaitu kecamatan Ngawi, Padas, Karangjati, Kwadungan, Paron, Pangkur dan Gerih. Sedangkan 2 unit kegiatan dam parit akan dibangun di Kecamatan Jogorogo dan Sine.

Menurut Kepala bidang sarana dan prasarana tanaman pangan Dinas Pertanian Ngawi Eka Sri Rahayu tujuan pengadaan ini untuk mendukung produksi tanaman berbasis palawija seperti jagung dan kedelai.

“Tentunya ketahanan pangan tidak hanya bergantung dari padi saja, namun juga  jagung dan kedelai perlu didukung produktifitasnya, karena itu pengadaan ini ( infrastruktur irigasi air tanah dalam ) penting untuk dilakukan,” terang Eka kepada jurnalis suara kumandang.

Sementara itu skala kapasitas yang didapat, keberadaan irigasi air tanah dalam bisa mengaliri lahan antara 10 s/d 15 hektar, sedangkan 1 dam parit mampu mengaliri lahan sekitar 20 hektar.

“Dari kemampuanya tersebut, diharapkan  adanya irigasi air tanah dalam dan dam parit, dapat meningkatkan produktivitas dan peningkatan indeks pertanaman padi, jagung, dan kedelai, sebagai penopang ketahanan pangan dari Ngawi,” pungkas Marsudi.

Jurnalis:  Ahmad Hakimi.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.