Connect with us

SKI News

Diskominfo Magetan Gelar Konferensi Pers E-Voting

Published

on

Suprawoto Bupati Magetan saat memberi sambutan di pendopo surya graha Magetan Foto: Diskominfo Magetan

Suarakumandang.com, BERITA MAGETAN. Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Magetan, Jawa Timur mengadakan konferensi pers E-Voting dengan tema Sukseskan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Magetan Tahun 2019. Acara digelar di Pendopo Surya Graha Magetan. Senin,(25/11/2019).

“Ada 80 persen desa di Kabupaten Magetan akan menyelenggarakan Pilkades, oleh sebab itu berbagai upaya telah kami lakukan untuk sukseskan Pilkades serentak di Kabupaten Magetan Tahun 2019,” ujar Suprawoto Bupati Magetan.

Dia juga mengatakan, tujuan lain adalah supaya peserta pemula mendapatkan pengalaman dalam Pemilihan Kepala Desa dengan metode E-Voting. Selain itu lanjut Suprawoto, desa mempunyai inovasi yang modern atau baru dalam pemerintahan dari pemikiran kepala desa yang baru,

“kita sudah sepakat dengan Forkopimda agar Pilkades yang dilaksanakan Rabu,(27/11/2019) untuk diliburkan kecuali yang pelayanan publik,” jelas Suprawoto.
Dalam hal ini Suprawoto mengungkapkan bahwa momentum seperti ini tidak akan terulang untuk kedua kali, menurutnya pilkades akan mengalami perubahan terus setiap tahunnya.

Kepala Dinas Kominfo Magetan Saif Muchlissun saat memberikan sambutan dalam acara konfersi pers di pendopo surya graha.Foto: Diskominfo Magetan

Alasan kenapa Suprawoto menggunakan E-Voting, karena cara ini lebih praktis dan akurat dalam penentuan jumlah suara di TPS. ”Dengan sistem elektronik dan juga mudah pelaksanaannya dan bahkan se-Karesidenan Madiun baru Kabupaten Magetan yang pertama dalam program e-voting,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Magetan Saif Muchlissun menyampaikan tujuan dari e–voting adalah menyelenggarakan pemungutan suara dengan biaya hemat dan penghitungan suara yang cepat dengan menggunakan sistem yang aman dan mudah untuk dilakukan audit.

“Dengan e-voting perhitungan suara akan lebih cepat, bisa menghemat biaya pencetakan surat suara, pemungutan suara lebih sederhana, dan peralatan dapat digunakan berulang kali untuk Pemilu dan Pilkada,” pungkasnya.

Jurnalis: Cahyo Nugroho.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.