Connect with us

SKI PolHuKam

Dishub Magetan Ingatkan KIR Kendaraan via SMS Gateway

Published

on

Joko Trihono kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Suarakumandang.com, BERITA MAGETAN. Semakin tingginya jumlah kendaraan di kabupaten Magetan, Jawa Timur dan semakin pesatnya kemajuan teknologi, sudah sepantasnya untuk meningkatkan pelayanan prima.

Joko Trihono kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Magetan, Jawa Timur Mengatakan urgensi uji KIR atau pengujian kendaraan bermotor menjadi sangat penting, sebab meningkatnya kasus kecelakaan lalu lintas ditengarai masih banyak ditemukan kendaraan bermotor tidak layak beroperasi dijalan umum.

“Itulah yang membuat Dishub Magetan terus berinovasi dalam upaya menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk melakukan pengecekan kendaraanya secara berkala, ”ujar Joko Trihono, Rabu, (13/05/2020).

Dalam pengecekan kendaraan bermotor untuk mempermudah pemilik kendaraan pihak Dishub Magetan akan memberlakukan dengan layanan SMS Gateway.

“Layanan SMS Gateway akan memberikan informasi kepada pemilik kendaraan seperti angkutan  dan jasa batas waktu habisnya masa berlaku KIR,”kata Joko.

Masih kata Joko, layanan SMS Gateway semacam alarm akan mengingatkan kepada pemilik kendaraan saat kendaraanya sudah wajib KIR.

“Selama ini mungkin kita pahami masyarakat banyak yang lupa waktunya KIR. Dengan SMS Gateway ini, mereka akan menerima pesan dari kita sebelum jatuh tempo,” terangnya.

Lanjut Joko, kurang lebih sudah dua minggu ini pemilik kendaraan yang mengajukan KIR wajib menyertakan nomor telepon.

“Dari nomor tersebutlah SMS Gateway Dishub beroperasi. Dengan sistem ini, pemilik kendaraan diharapkan dapat melakukan uji KIR secara rutin. Sehingga kesadaran akan uji kelayakan pun meningkat.

Joko menerangkan, saat uji KIR jika dalam pengecekan ditemukannya kendaraan yang tidak sesuai dengan standart operasi maka pihak Dishub akan memberikan waktu 2 X 24 jam guna memperbaiki kendaraannya. Namun jika sebaliknya atau lolos uji KIR maka pemilik kendaraan akan mendapat smart card.

Jurnalis: Cahyo Nugroho.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.