Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Magetan Harus Berbenah

RAPAT: Bupati Magetan Suprawoto didampingi wakil bupati dan sekda mengelar rapat bersama sejumlah pejabat pemerintah kab Magetan diruang perpustakaan Magetan

Suarakumandang.com,BERITA MAGETAN. Setelah melihat Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Magetan, Jawa Timur  Suprawoto Bupati Magetan merasa prihatin dengan minimnya koleksi buku bacaan.”Semestinya dokumen kearsipan yang menyangkut masalah kota Magetan dihimpun kembali supaya lengkap sesuai nama perpustakaan,”ujar Suprawoto Bupati Magetan.

“Ini wajib dilakukan karena kabupaten Magetan tergolong kota lama yang usianya sudah  343 tahun, dan sangat penting diarsipkan,”ujar Suprawoto Bupati Magetan.

Dikatakan juga, arsip kabupaten Magetan harus diburu dan dikoleksi untuk kekayaan intelektual bagi generasi mendatang,”katanya, Kamis (11/10/2018).

Suprawoto mengumpamakan arsip tentang Kabupaten Magetan seperti arsip tanah yang dimiliki Kantor   Badan Pertanahan Nasional (BPN)  “Andai arsip tentang kabupaten Magetan bisa  seperti arsip tanah di kantor BPN, bisa dipastikan  sejarah tentang kabupaten Magetan ini akan terjaga untuk generasi berikutnya,” ucap Bupati Magetan.

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Magetan, akan difokuskan pada bidang kesusasteraan dan kebudayaan Jawa. Pengkayaan koleksi di bidang literature Jawa dimaksudkan agar tampil sebagai perpustakaan yang punya ciri khas tersendiri.

“Kalau ingin tampil unik, beda, dan menarik, harus punya prinsip center of excellent.  Makanya, koleksinya perlu difokuskan pada literature tertentu, yakni literature Jawa,”  ungkap bupati.

Suprawoto meminta agar perpustakaan pemerintah kabupaten  Magetan tidak perlu bersaing dengan perpustakaan kabupaten sekitarnya, apalagi dengan Perpustakaan Nasional.

Menurut Suprawoto yang terpenting adalah membenahi dan harus berani melangkah lebih baik. “Buat apa untuk  bersaing dengan mereka. yang terpenting adalah  dibenahi dan harus berani melakukan positioning,”paparnya.

“Koleksi literature saya yang berbahasa Jawa, nanti saya pindahkan ke sini. Kalau perlu, saya datangkan orang-orang penggila sastra Jawa dari luar Magetan untuk membangun perpustakaan khusus budaya Jawa,” pungkasnya. Cahyo.

 

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. Yogaswara Fajar Buwana berkata:

    Mantap ini, nah jadi kalau saya cari arsip sejarah Magetan tidak perlu lagi ANRI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.