Connect with us

SKI News

Diklat SDM Pelaku Koperasi Ngawi ditengah Pandemi COVID 19

Published

on

Suasana diklat manajemen koperasi Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Ngawi

Suarakumandang.com, BERITA NGAWI. Demi meningkatkan kinerja dan kualitas SDM, sebanyak 30 orang pengurus koperasi berbasis syariah sekabupaten ngawi mengikuti  diklat Koperasi Dinas Koperasi Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. (22/07/2020).

Diklat ini untuk mempersiapkan pelaku koperasi agar mampu meningkatkan perekonomian masyarakan dimasa tatanan normal baru dalam pandemi COVID 19.

“Keterpurukan ekonomi yang sedang dialami oleh negara kita saat ini sangat luar biasa dan tentunya untuk meningkatkan sektor perekonomian saat ini juga sangat berat, sehingga yang bisa dilakukan saat ini adalah menyiapkan kualitas SDM pelaku koperasi pada era tatanan normal baru” kata  Joko Yuliyanto, dari Lembaga Diklat Profesi Cendekia Karanganyar.

Menurutnya  Joko pelatihan kepada pelaku koperasi perlu dilakukan mengingat sebagian besar masih mempunyai pengetahuan yang terbatas tentang koperasi sehingga perlu adanya pendampingan dinas koperasi setempat untuk meningkatkan kompetensinya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Ngawi, Harsoyo mengatakan sebagai soko guru perekonomian Indonesia, peran koperasi harus ditingkatkan.

“Peran koperasi akan meningkat, jika pelakunya berasal dari SDM yang kompeten dibidangnya. Hal ini yang menjadi dasar dilakukannya pelatihan tersebut, ” kata Harsoyo.

Tidak dipungkiri, akibat pandemi COVID 19yang berkepanjangan seperti saat ini, semua sektor perekonomian sebagian besar masyarakat pengalami penurunan.

Dengan adanya diklat kopetensi Pemkab Ngawi berharap para operator koperasi dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang perkoperasian, sehingga nantinya dapat ikut serta meningkatkan perekonomian Indonesia yang terpuruk akibat pandemk COVID 19.

Jurnalis: Ahmad Hakimi.

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.