Connect with us

SKI News

Desa Bangunrejo Kidul, Bangun Talud untuk Gerakan Ekonomi Warga Ditengah Pandemi

Published

on

Warga terlibat dalam pembangunan talud jalan dusun Ngubalan RT 02 RW 02 Desa Bangunrejo Kidul dari
sumber Dana Desa

Suarakumandang.com,BERITA NGAWI. Tidak ingin larut terlalu lama akibat pandemi COVID 19 yang mengancam mata pencaharian warga, Pemerintahan Desa Bangunrejo kidul kecamatan Kedunggalar Kabupaten Ngawi, Jawa Timur justru menggenjot pembangunan infrastuktur desanya.

Hampir semua warga yang terdampak pandemi secara ekonomi, dilibatkan dalam proyek pembangunan yang menggunakan Dana Desa sebesar 100 juta.

Salah satunya adalah proyek pengerjaan talud di dusun Pohjagal dan Ngubalan menerapkan sistem padat karya dengan memperkerjakan sebagian masyarakat, yang berimbas pada pemulihan ekonomi warga.

“Mendasar himbauan Pemerintah untuk melakukan upaya pemulihan ekonomi ditengah pandemi tersebut, kami mengalokasikan dana desa tahun 2021 untuk beberapa pembangunan infrastruktur dengan pola padat karya agar bisa menggeliatkan kembali ekonomi warga karena dampak pandemi,” kata Kepala desa Bangunrejo Kidul, Suparno saat memantau pelaksanaan proyek ( 18/02/2021).

Ditambahkannya pembangunan talud juga untuk mendukung pelaksanaan program prioritas nasional, dikarenakan menjaga drainase dan mencegah tergerusnya infrastruktur jalan, sehingga dengan kondisi jalan yang baik, kegiatan perekonomian yang berlangsung di desa tersebut juga akan berjalan lancar.

Desa Bangunrejo Kidul dalam rencana tata ruang wilayah merupakan salah satu dari 88 kawasan desa hutan. Dengan jumlah penduduk 7215 jiwa yang sebagian besar bermata pencaharian petani, sebagian lainya merupakan pengrajin furnitur dari  akar kayu jati.

Jurnalis: Ahmad Hakimi.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.