Demi Pelayanan Prima, Bupati Bertekad Naikkan Anggaran Pembangunan Infrastruktur

Suarakumandang.com, BERITA MAGETAN. Dalam kesempatan Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) Magetan Tahun 2019, Bupati Magetan, Jawa Timur menyampaikan tekadnya untuk meningkatkan dana pembangunan infrastruktur pelayanan masyarakat. Acara Musrenbang sendiri dilaksanakan di Pendopo Surya Graha Magetan, Kamis (14/03/2019)

Suprawoto, Bupati Magetan menjelaskan bahwa pembangunan infrastruktur di Magetan sangat penting, di samping itu juga untuk memenuhi ketentuan kewajiban mandatory yang harus dipenuhi oleh pemerintah daerah. “Seperti yang diketahui, pemerintah pusat mewajibkan pemerintah daerah untuk mengalokasikan 25% anggaran untuk pembanguan infrastruktur,” jelasnya.

APBD tahun 2020 dana Pagu Indikatif Kecamatan sesuai rencana berjumlah Rp 17,6 miliar untuk 18 kecamatan di Kabupaten Magetan. “Angka ini lebih tinggi bila dibandingkan tahun sebelumnya. Ini meningkat dua kali lipat dari tahun sebelumnya hanya sebesar Rp 9 miliar,” paparnya.

“Sedangkan setiap kecamatan akan berbeda penerimaan PIK, semua itu tergantung jumlah desa yang ada di kecamatan. Dana yang diserahkan nanti sekitar Rp 75 juta per desa,” kata Suprawoto.

Maksud dan tujuan dari meningkatnya dana pembangunan infrastruktur di Magetan adalah seperti yang tertulis di Buku Panduan Musrenbang RKPD 2020 Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Magetan yaitu:

  1. Menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan Daerah/Kabupaten dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan Daerah Provinsi dan Nasional.
  2. Mengklarifikasi usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat kepada pemerintah daerah pada Musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan sebelum Musrenbang RKPD Kabupaten dilaksanakan melalui Pra Musrenbang.
  3. Membahas hasil forum Perangkat Daerah,
  4. Mempertajam indicator kinerja program dan kegiatan prioritas daerah/ Kabupaten, dan
  5. Menyepakati prioritas pembangunan daerah serta program dan kegiatan prioritas daerah.

 

Dalam belanja pembangunan, sejauh ini Pemerintah Kabupaten Magetan telah mengalokasikan belanja infrastruktur sebesar 24% pada Tahun Anggaran 2019.

Bupati berharap untuk Tahun 2020 alokasi anggaran belanja infrastruktur bisa meningkat melebihi yang telah diwajibkan pemerintah pusat dan diamanatkan dalam Undang-undang.

Karmini Ketua DPRD Magetan mengatakan sangat mendukung apa yang menjadi program Pemerintah Kabupaten Magetan di Tahun 2020. “Kami sangat mendukung upaya pemerintah Magetan untuk mempercepat pembangunan infrastruktur guna meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat ,” kata Karmini.

“Kami harapkan dengan meningkatnya dana PIK tahun anggaran 2020 dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Magetan,” pungkasnya.

Acara Musrenbang ini dihadiri sejumlah pejabat Provinsi Jawa Timur,  Kepala Dinas, Camat, Kepala Desa, Kapolres, Dandim, serta Tokoh Masyarakat, LSM dan perwakilan pejabat wilayah Kharisma Pawirogo yang meliputi Karanganyar, Pacitan, Ngawi, Wonogiri dan Sragen. Cahyo.

 

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.