Demi Mendapatkan Berkah, Warga Magetan Rebutan Roti Bolu Di Alun Alun

REBUTAN ROTI BOLU:Warga Magetan rela rebuatn roti bolu yang dipercaya akan mendapatkan berkah dialun-alun Magetan dalam acara praja Andum Berkah Bolu Rahayu

REBUTAN ROTI BOLU:Warga Magetan rela rebuatn roti bolu yang dipercaya akan mendapatkan berkah dialun-alun Magetan dalam acara praja Andum Berkah Bolu Rahayu

Suarakumandang.com,BERITA MAGETAN. Masih dalam rangkian Hari Jadi Kabupaten Magetan ke 342.Pemerintah kabupaten Magetan menggelar kirab Naraja praja Andum Berkah Bolu Rahayu keliling Magetan kembali menuju alun-alun. Setibanya dialun-alun bupati dan rombongan dihibur sejumlah tarian tradisonal yang diperagakan oleh adik-adik dari SMA/SMK di Magetan.

Selanjutnya  roti bolu yang didesain berbentuk Gunungan, lesung, gong, dan bedug, dikirab dari pendopo surya graha langsung menuju alun-alun, setelah penyerahan pusaka kepada bupati, roti bolu yang sudah berada ditengah alun-alun langsung diserbu warga yang sedang menyaksikan.

Sesuai pantuan wartawan suara kumandang dalam hitungan menit roti bolu berjumlah sedkitnya 15 ribu yang didesain berbentuk gunungan, gong, bedhung dan lesung ludes diserbu warga.

Siti Purwati salah satu pengunjung asal Magetan menjelaskan, dirinya tidak pernah absen dengan acara rebutan roti bolu.”Saya dan keluarga tidak pernah absen mas, selalu menyempatkan untuk melihat dan ikut merebut roti bolu,”kata Siti.Senin,(09/10/2017).

“Kami dan keluarga  rela meluangkan waktu ikut antri berjam-jam di Alun-Alun Magetan, demi mendapatkan kue bolu yang dipercayainya bisa mendatangkan berkah,”jelasnya.

Siti mengaku senang, meski roti yang didapat hanya sedikit, tapi tidak membuat ibu warga Magetan kota ini iri maupun marah.”Alhamdulilah mas, meski sedikit yang kami dapatkan tapi ini berkah,”ucapnya.

Sementara  masyarakat Magetan  mempercayai roti bolu, bukan sekedar kue yang biasa dibeli di pasar-pasar tradisional. Namun bolu yang dikirab dan didoakan tersebut, dipercaya bisa mendatangkan berkah dan kesehatan bagi yang bisa mendapatkan dan mengkonsumsinya.

Selain sebagai lambang keberkahan, menurut Bupati Magetan, Sumantri, Kirab Bolu sebagai upaya pemerintah kabupaten  Magetan, melestarikan industri  kue bolu di Magetan.

Sumantri Bupati Magetan menuturkan, acara tersebut rutin digelar tiap tahun sekali dengan menyediakan sekitar 15 ribu kue roti bolu. Roti bolu ini akan diperebutkan setelah dikirab di Alun-Alun. “Acara Andum Berkah Roti Bolu itu dipercaya warga Magetan akan membawa berkah jika mau memakannya,” jelasnya

“Selain untuk menyambut hari jadi Kabupaten Magetan yang ke 342 agenda tahunan ini juga untuk memperingati  tahun baru Hijjriyah (1 Muharam 143 H), “pungkasnya.Cahyo.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.