Connect with us

SKI News

Cegah Covid 19, Suhu Tubuh 38 Derajat Dilarang Masuk Ponorogo

Published

on

Petugas sedang melakukan cek suhu badan penumpang bus dengan alat Digital Thermometer

Suarakumandang.com,BERITA PONOROGO. Dalam upaya mencegahnya corona virus disease 2019 (COVID 19)  pemerintah kabupaten Ponorogo, jawa Timur melalui satuan Tugas (Satgas)  melakukan screening atau deteksi dini di empat titik pintu masuk wilayah Kabupaten Ponorogo secara serentak diantaranya di Ngrupit Jenangan, Badegan, Sawoo dan Sukorejo.

Sunarto selaku pengarah Satgas pemerintah Kabupaten Ponorogo mengatakan pihaknya melakukan screening melibatkan sejumlah petugas diantaranya dinas kesehatan, TNI, Polri dan Sat Pol PP.

“Petugas melakukan pengecekan suhu badan dengan alat Digital Thermometer. Pengecekan dilakukan kepada warga yang akan masuk di wilayah Kabupaten Ponorogo,”kata Sunarto saat mendampingi screening di Ngrupit Jenangan.

Tak sedikit petugas tim medis menemukan warga yang mempunyai suhu tubuh lebih dari 38 derajat celcius.

Dijelaskan pula, jika dalam screening petugas menemukan bukan warga Ponorogo  yang mempunyai suhu tubuh lebih dari 38 derajat celicius maka dilarang masuk Ponorogo dan disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan di pukesmas.

“Namun jika orang tersebut warga Ponorogo akan  ditindak lanjuti oleh tim kesehatan, salah satunya dimintai keterangan dan  pendataan sesuai KTP,”papar Sunarto.

Tindakan ini merupakan upaya pemerintah kabupaten Ponorogo agar covid 19 tidak masuk ke Ponorogo.”Ponorogo hingga sampai saat ini bebas covid 19. Screening ini dilakukan selama 24 jam dan kita bagi menjadi 3 sip, kalau ini sip pertama nanti sip kedua sore dan sip ketiga malam hari,”jelas Sunarto lagi.

“Latar belakang kenapa pihak kami  mengadakan screening di empat lokasi. Sebab sesuai informasi yang kami  dapat bahwa di  Surabaya, Sidoarjo dan Malang merupakan zona merah  penyebaran covid 19 serta didukung informasi lainnya mereka akan pulang ke Ponorogo dengan skala besar. Maka dari itu kita antisipasi dulu kita cegah dengan mengadakan screening di 4 titik lokasi,”paparnya.

Sunarto selaku pengarah Satgas pemerintah Kabupaten Ponorogo

Sunarto berharap masyarakat Ponorogo jangan panik. “Tindakan ini merupakan bentuk upaya preventif , agar Ponorogo aman dari Covid 19, ” pungkasnya.

Sementara itu, pengecekan suhu badan diberlakukan bagi pengguna kendaraan roda dua maupun roda empat serta penumpang bus, dan minbus.

Jurnalis: Cahyo Nugroho

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.