Belasan Hektar Hutan Jati di Gunung Sekekep Ponorogo Terbakar

Salah satu kontributor televisi sedang mengambil gambar kebakaran di hutan gunung Sekekep

Suarakumandang.com,BERITA PONOROGO. Kobaran api dan kepulan asap yang membakar belasan hektar pohon jati di gunung sekekep Desa Tanjung Sari, Kecamatan Jenangan, Ponorogo, Jawa Timur ini terus membumbung tinggi. bahkan api dengan cepat membakar hutan jati milik rakyat yang dipenuhi dengan rumput ilalang dan dedaunan kering.

 

Jauri warga setempat mengatakan pihak warga tidak berani untuk memadamkan karena api terlalu besar.”Yang terbakar adalah hutan lindung seperti pohon jati dan alang-alang kering,”ujar Jauri kepada wartawan.

 

“Kebakaran hutan sudah sejak selasa tanggal 14 kemarin. Hingga hari ini api masih terus membesar dan meluas hingga mendekati pemukiman warga,”katanya.Rabu,(19/09/2018).

 

Dijelaskan, dengan kondisi kebakaran warga yang ada dilereng gunung mengaku tidak berani melakukan pemadaman api karena terlalu besar.”Wartga sekitar hanya berjaga disekitar rumah untuk mengantisipasi agar api tidak menjalar ke pemukiman warga,”ucapnya.

 

 Belum diketahui pasti penyebab kebakaran hutan seluas lebih dari 14 hektar ini. Namun diduga kuat, kebakaran disebabkan adanya ulah oknum tak bertanggung jawab.

 

Sementara petugas badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Ponorogo yang berada dilokasi pun kesulitan melakukan pemadama. Selain minimnya personel dan peralatan, banyaknya titik kebakaran membuat petugas tak bisa berbuat banyak untuk melakukan pemadaman api.

 

“Dugaan kuat ini adalah kelalalian pembakar untuk pembersihaan lahan. Sedangkan api saat ini sudah meluas kebawah pemukiman warga. Sementara ini kami kesulitan jumlah personel kita yang kurang sehingga api tersu meluas,”terang Rizal.

 

Sementara itu, hingga berita ini diturunkan api masih membakar hutan berisikan tanaman jati yang berada di gunung Sekekep.Cahyo.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.