Connect with us

SKI News

Bandel Tak Bermasker di Ngawi, Siapkan Uang 250 ribu

Published

on

Sidang ditempat dalam operasi yustisi pengenaan masker jl Ahmad Yani Ngawi (15/09/2020)

Suarakumandang.com,BERITA NGAWI. Satgas gabungan TNI-POLRI dan sarpol PP pemangku pengadilan kabupaten Ngawi dalam dua hari terakhir melakukan operasi yustisi protokol kesehatan COVID 19 di beberapa ruas jalan wilayah kota.

Operasi ini menindak lanjuti Perda Pemerintah Provinsi Jatim no 2 tahun 2020, yaitu setiap orang/warga negara wajib melaksanakan protokol kesehatan, khususnya dengan memakai masker yang baik

Dalam pelaksanaanya, seperti operasi yang digelar di jalan Ahmad Yani (15/06/2020), para masyarakat yang tidak memakai masker atau tidak mengenakan secara sempurna akan di kenai sanksi.

Mereka yang terjaring akan menjalani sidang ditempat, berupa penyidikan untuk mengetahui alasan tidak memakai masker dan langsung dihadapkan pada hakim untuk dikenai sanksi.

Sanksi berupa pembayaran sesuai pelanggaranya, mulai dari Rp.10.000 hingg Rp 250.000 dan dibayar ditempat.

“Hari ini kita melakukan tindakan dengan sasaran masyarakat yang tidak mengenakan masker, pelanggar akan disidang ditempat dengan sanksi pembayaran uang,” kata Kapolres Ngawi AKBP Dicky Ario Yustisianto saat memimpin operasi tersebut.

Menurut Dicky, banyak alasan yang disampaikan oleh maayarakat yang terjaring operasi, diantaranya karena bepergian jarak dekat dan kelupaan.

Sementara itu, Kasi penegakan perda Satpol PP Pemkab Ngawi, Arif Setiyono mengatakan besarn sanksi disesuaikan berat ringanya pelanggar.

“Untuk denda maksimal yang dikenakan  250.000 rupiah,  meskipun di hari pertama operasi kali ini ditetapkan denda minimal 10.000, dan akan terus bertambah pada hari-hari berikutnya, jika masyarakat tetap tidak mengindahkan himbauan dari petugas,” kata Arif.

Arif juga menambahkan jika Operasi yustisi ini dilakukan mengingat masih banyaknya warga masyarakat yang belum mempunyai kesadaran untuk bermasker dengan baik dan untuk memberikan efek jera bagi pelaku.

Jurnalis: Ahmad Hakimi.

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.