Army Green, Yonarmed 12 Ngawi Hipnotis warga Lumajang

Pasukan berbagi perlengkapan sekolah sekaligus mensosialisasikan rekrutmen untuk menjadi TNI AD

Suarakumandang.com,BERITA NGAWI. Selama 3 hari masyarakat Pasirian Lumajang dibuat takjub oleh kedatangan alutsista Yon Armed 12/ Divif 2 Kostrad. Sebanyak 6 unit meriam caesar diboyong dari markasnya di Ngawi dalam rangkaian acara Army Green bertajuk Paket Merah Putih Bagi Negeri.

Event ini atas inisiatif dari Danyon Armed 12/ Divif 2 Kostrad Mayor Arm Ronald F Siwabessy, ditengah pelaksanaan latihan menembak senjata berat teknis (Latbakjatratnis) dan sosialisasi rekrutmen TNI AD ( 03-06/7/2019).

1 unit meriam Caesar dan 1 unit kendaraan taktis Komodo serta berbagai senapan laras panjang dipajang di alun alun, menyedot perhatian warga untuk mendekat dan menyentuh langsung perlatan militer canggih tersebut.

“Menjadi pengalaman dan pengetahuan yang menyenangkan, terutama bagi anak anak saya ketika bisa melihat secara langsung bahkan menyentuh peralatan militer, kami bisa menjadi lebih bangga terhadap bapak TNI yang ada disini,” tutur Bagus Rahmadi warga setempat yang selama berjam jam menghabiskan waktu bersama keluarganya di arena acara, meski hanya sekedar untuk berswafoto.

Tidak hanya Bagus dan ratusan warga lain yang mengaku terhibur dengan pameran ini , apreasiasi juga dilontarkan oleh beberapa pemangku kecamatan Pasirian, salah satunya Camat Pasirian Camat Pasirian, Dodik Suharto, yang berharap momen ini bisa menjadi wahana edukasi warganya.

Mayor Arm Ronald F Siwabessy : Modernisasi Alutsista TNI AD tidak terlepas dari peran seluruh rakyat, oleh karena itu masyarakat harus diberi tahu agar cinta dengan Alutsista kita dan cinta terhadap tanah air.

“Dengan digelarnya pameran ini, masyarakat akan semakin tahu tentang Alutsista yang dimiliki. Hal ini menjadi suatu kebanggaan dalam menumbuhkan rasa nasionalisme, rasa cinta tanah air dan kebanggaan terhadap TNI,” ungkapnya.

Sementara itu dilokasi yang sama, Danramil 0821/08 Pasirian Kapten Inf Hasanudin, menambahkan, menjadi kehormatan bagi jajaran instansinya jika Pasirian menjadi lokasi pelaksanaan pameran salah satu Alutsista tercanggih yang dimiliki oleh TNI AD khususnya Artileri Medan.

“Kegiatan ini merupakan hadiah ‘Merah Putih’ yang luar biasa berkesan bagi masyarakat Pasirian. Pasalnya, kegiatan yang digelar Yonarmed 12/Divif 2 Kostrad ini adalah yang pertama kali di Pasirian ini,” terangnya.

Lain dari itu, Hasanudin juga sepaham dengan gagasan jika event ini menjadi sarana yang sangat efektif untuk sosialisasi rekrumen TNI AD yang kini tengah dilaksanakan, sehingga masyarakat terutama para pelajar dapat langsung terinspirasi untuk mendaftarkan diri menjadi TNI AD.

Sementara dalam konfirmasinya (10/07/2019), Ronald F Siwabessy lebih jauh juga menjelaskan tujuan utama dari pameran ini tidak hanya sekedar tontonan yang menghibur, event ini juga bertujuan menjadi wahana edukasi lingkungan dan meningkatkan rasa kecintaan masyarakat kepada TNI AD.

“Tidak hanya Alutsista yang di gelar, masyarakat juga diberikan sosialisasi program Army Green tentang bagaimana menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan termasuk manajemen sampah di daerah latihan,” terang Almamater Akademi Militer Tahun 2002 ini.

“Kita selaku generasi saat ini wajib memberi mimpi bagi generasi berikutnya untuk diraih dan diwujudkan demi masa depan Indonesia, persenjataan canggih untuk mengatasi spektrum ancaman masa kini adalah suatu keharusan, namun kecintaan kepada tanah air sejatinya adalah Alutsista tercanggih bangsa Indonesia untuk survive ditengah segala macam jenis ancaman”, pungkas alumni Webster University Amerika Serikat ini.

Jurnalis:   Ahmad Hakimi, Aswi Dbara

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.