Ada Lima Penderita DBD, Dinkes Magetan Kerahkan Dua Mesin Fogging Asapi Desa Tamanarum

Fogging di salah satu rumah warga desa Tamanarum

Suarakumandang.com,BERITA MAGETAN.Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Magetan, Jawa Timur mengerahkan dua mesin fogging (Pengasapan) ke desa Tamanarum, Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Selasa,(08/01/2019).

Pengasapan dilakukan karena ada penularan demam berdarah dengue (DB) di satu lingkungan RT 1,2,dan 3 RW 3. Pengasapan dilakukan kerumah warga dan diselokan aliran air.

Didik Setyo Margono Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan, Jawa Timur mengatakan pengasapan ini dilakukan karena di desa Tanamarum khususnya di lingkungan tersebut terindikasi terjadi proses penularan, maka fogging perlu dilakukan.

“Jadi fogging dilakukan bukan karena di sini endemi. Tapi karena ada proses penularan, kalau tidak segera dibasmi akan meluas,” kata Didik kepada suara kumandang.

Pengasapan dilakukan di 149 rumah di dua RT yakni, RT 2, dan RT 3 RW 1“Pengasapan dilakukan dalam radius 200 meter, dari rumah pasien,”paparnya.

Dalam hal ini tahun 2019 pihak dinas Kesehatan Kabupaten Magetan akan melakukan pengasapan di 16 desa di 10 Kecamatan diantaranya Kecamatan Bendo,  Magetan, Parang, Nguntoronadi. Kawedanan. Barat. Kartoharjo, Karas, Panekan dan Sidorejo.”Saat ini baru 12 desa mendapat pengasapan gratis jadi kurang 4 desa yang belum dilakukan pengasapan,”terang Didik.

Sukanto warga setempat mengaku senang dengan adanya pengasapan tersebut, menurutnya fogging ini bisa membasmi nyamuk.”Di lingkungan sini ada 5 orang yang terkena penyakit demam berdarah, kesemuanya masih dirawat dirumah sakit di Ponorogo dan pukesmas Parang,”kata Sukanto.

Senada yang dikatakan Ari Sutrisno pamong Desa Taman arum mengatakan pihaknya berharap dengan adanya fogging ini masyarakat sadar akan kebersihan lingkungan.”Diharapkan lagi setelah fogging ini demam berdarah tidak terjangkit lagi desa Tamanarum,”pungkasnya. Cahyo.

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.