Connect with us

SKI News

Zona Orange, Magetan Masuk List Inmendagri

Published

on

Saat rapat diruang rumah dinas bupati Magetan pendopo Surya Graha

Suarakumandang.com, BERITA MAGETAN. Kabupaten Magetan, Jawa timur  Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (inmendagri) nomor: 3 Tahun 2021 masuk prioritas wilayah  yang diberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro.

Hal itu tersebut ditetapkan oleh Gubernur melalui acara virtual  yang dihadiri oleh Bupati serta pejabat lainnya di rumah dinas pendopo surya Graha Magetan.

Sesudah acara virtual pukul 19.30 WIB, Senin, (09/02/2021) Suprawoto Bupati Magetan menyampaikan bahwa Magetan masuk organe merah maka akan diberlakukan PPKM berbasis mikro sampai ketingkat desa. Karena Magetan masuk prioritas wilayah  yang diberlakukan PPKM berbasis mikro, maka pemerintah akan menyisir desa mana yang akan melaksanakan PPKM.

“Menurut  Instruksi menteri dalam negeri kegiatan sosial budaya ditunda sampai tanggal 22 Februari 2021. Jadi ini hanya memperpanjang PPKM saja dengan skala kecil sampai ditingkat desa,”terangnya.

Suprawoto mencontohkan, jika dalam satu RT ada yang terkonfirmasi COVID-19  lebih dari ketentuan yang ada, maka Desa tersebut harus melakukan PPKM skala mikro.

Dalam hal ini pemerintah Desa harus membentuk posko yang langsung diketuai oleh kepala desa wakilnya DBD dan perangkat desa.

Lanjut Suprawoto, nanti petugas harus melaksanakan dan menerapkan PPKM di lingkungannya, sehingga semua kegiatan sosial ditunda.

Namun dalam hal ini kegiatan pasar menurut ketentuan tetap dibuka, akan tetapi diharuskan melakukan protocol kesehatan “Kegiatan sosial seperti misal selamatan,  kantor-kantor buka dengan 50 persen dari jumlah karyawan, dan tempat ibadah,”jelas Suparwoto.

Sementara itu, sesuai informasi Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (inmendagri) nomor: 3 Tahun 2021 masuk  prioritas wilayah  yang diberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro adalah Surabaya Raya meliputi Kota Surabaya, Kabupaten Gresik, dan kabupaten Sidoarjo, Malang Raya adalah Kota Malang, Kabupaten Malang, dan kota Batu, Untuk Madiun sendiri meliputi Kabupaten dan Kota.

Sedangkan  8 kabupaten yang harus melakukan PPKM diantaranya Kabupaten Blitar, Kediri, Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo, Magetan, Pamekasan dan kabupaten Tuban.

“Delapan kabupaten/ kota yang diharuskan melakukan PPKM tersebut ditetapan langsung oleh Gubernur Jawa Timur pukul 19.30 WIB malam ini,” pungkasnya.

Jurnalis: Cahyo Nugroho.

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.
error: Jangan Di Copy ya!!