Connect with us

SKI News

Warga Ponorogo Swadaya Perlebar Jalan Penghubung Desa

Published

on

Sejumlah warga sedang gotong royong perlebar jalan

Suarakumandang.com, BERITA PONOROGO. Sejumlah warga Desa Pintu, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur melakukan pelebaran jalan penghubung Desa Pitu dengan Desa Ngrupit secara swadaya tanpa campur tangan pemerintah.

Imam Basuki Kepala Dusun Pintu mengatakan warga melebarkan jalan karena dirasa sempit ketika ada dua buah mobil berjalan saling bersimpangan. Senin, (06.06.2022).

“Pelebaran ini dilakukan oleh masyarakat dengan swadaya, karena lama sudah menunggu dari daerah tidak turun, sehingga masyarakat mempunyai inisiatif untuk melebarkan jalan tersebut,”ujar Imam.

Disebutkan masyarakat melebarkan jalan awalnya 3 meter sekarang menjadi 5 meter 40 cm.”Sedangkan jalan yang dilebarkan sepanjang 1, 2 Km,”jelas Imam.

Pelebaran jalan dengan bahan semen, semua warga mulai mak-mak dan bapak-bapak anak muda gotong royong pelebaran jalan dengan cara di cor.

“Biaya yang didapat untuk pelebaran jalan ini dari uang masyarakat sendiri dan dikerjakan secara gotong royong,”kata Imam.

Selain jalannya sempit tujuan lain dilebarkan karena untuk memperlancar kegiatan perekonomian warga sekitar.”Salah satunya adalah masyarakat yang hendak ke sawah maupun kendaraan untuk mengangkut hasil panen,”paparnya.

Sementara itu, warga mengklaim, pelebaran jalan yang sudah berlangsung tiga hari ini sudah menghabiskan dana mencapai Rp 400.000.000 yang semuanya bersumber dari dana warga sekitar.

Jurnalis:  Cahyo Nugroho.

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.
error: Jangan Di Copy ya!!