Connect with us

SKI News

Varietas Baru Tebu Dapat Menyelamatkan Krisis Lahan dan Petani Tebu di Ngawi

Published

on

Varietas tebu menjadi tumpuan bagi produksi gula ditengah semakin berkurangnya lahan dan ditinggal perani

Suarakumandang.com, BERITA NGAWI. Upaya meningkatan produktivitas gula,  diperlukan varietas tebu baru yang mengandung rendemannya bagus, agar produksi gulanya banyak.Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Koperasi Tebu Manis Edi Sukamto menanggapi pertanyaan dilema semakin berkurangnya lahan produktifitas tebu dikabupaten Ngawi.

Berkurangnya lahan untuk menenam tebu,salah satunya tren mudahnya ijin pemasangan sibel yang mendorong para petani beralih menjadi petani padi.”Peningkatan produktivitas gula saat ini terkendala pengembangan lahan, dimana dengan adanya sibel, lahan pertanian tebu banyak yang beralih ke pertanian padi,” ujar  Edi usai memimpin Rapat Anggota Tahunan Koperasi Tebu Manis ( 10/11/2021).

“Dengan adanya varietas baru tebu dengan produktivitas gula tinggi, maka diharapkan dapat meningkatkan biaya sewa lahan pertanian tebu, sehingga pengembangan lahan untuk pertanian tebu dapat dilakukan,” kata Edi.

Lebih lanjut, Jika ini tidak ditanggapi, maka tidak menutup kemungkinan PG Sudono sebagai satu satunya pabrik gula di Ngawi bisa tutup.

Menurutnya, pabrik Gula  (PG)Sudono sendiri merupakan satu satunya pabrik gula di wilayah Ngawi yang memperkerjakan 2000 karyawan pada musim giling dan jika dengan total jumlah petani maka mencapai 10.000 orang, yang kesemuanya mengandalkan hasil pertanian tebu.

Selain memunculkan varietas dan pengembangan lahan, petani tebu mengharapkan adanya perhatian pemerintah daerah, salah satunya pinjaman modal lunak, sehingga petani tebu dapat survive apalagi pada masa  pandemi covid-19 yang berkepanjangan.

Sementara RAT dan tutup buku tahun 2020 Koperasi Tebu Manis hanya dihadiri 40 anggota karena prokes dari PPKM Mikro yang kini tengaj berlaku. Koperasi Tebu Manis sendiri merupakan koperasi dalam naungan PG Soedono yang sebagian anggotanya para petani tebu.

 Jurnalis: Ahmad Hakimi.

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.
error: Jangan Di Copy ya!!