Connect with us

SKI News

Upacara Keduk Beji, Tradisi Warga Tawun Menjaga Air

Published

on

Disaksikan ratusan penonton, puluhan pria warga desa Tawun membersihkan sendang Beji dalam upacara tradisi Keduk Beji

Suarakumandang.com,BERITA NGAWI.Tradisi tahunan Keduk Beji warga desa Tawun Kecamatan Kasreman kabupaten Ngawi, Jawa Tmur berlangsung semarak dan sangat meriah, selasa ( 13/08/2019).

Event yang kini menjadi agenda tahunan pemkab Ngawi ini, hanya dilakukan pada hari Selasa Kliwon dalam kalender Jawa, yang melambangkan bentuk syukur warga setempat atas keberadaan sebuah sumber air didesa tersebut, yang mampu mencukupi kebutuhan air warga dari konsumsi hinga pertanian, meskipun saat kemarau panjang.

Puncak acara berupa sebuah ritual yang dipimpin  keturunan eyang Ludro Joyo, konon seorang sesepuh desa yang menghilang di mata air sendang tawun saat bertapa.

Usai ritual inti berupa penggantian kendi sesaji didalam titik mata air, ratusan pria asli desa setempat beramai ramai membersihkan sendang dengan mengeruk lumpur yang mengendap, hingga air kembali menjadi jernih.

Dengan diiringi musik gamelan berikut para pesinden sepanjang pelaksanaan acara, selamatan dan makan bersama menjadi penutup rangkaian upacara.

Dalam 10 tahun terakhir upacara ini semakin meriah, terlihat dari animo para penonton yang berdatangan dari luar daerah, terutama sekitar Ngawi, Madiun, Magetan dan sekitar Bojonegoro.

Kondisi ini kian menggerakan pemkab Ngawi lebih serius menata kawasan sendang Tawun dan wahana wisatanya sebagai paket wisata yang berpotensi tinggi  menyumbang PAD.

“Selain mampu menyedot animo kedatangan wisatawan yang tentu berdampak pada peningkatan PAD, tradisi ini juga sebuah gerakan nyata untuk menjaga kelestarian sumber air,   sehingga pemkab memiliki alasan kuat untuk tetap mendukungnya,” terang Wakil Bupati Ngawi, Ony Anwar usai menyaksikan pelaksanaan upacara.

Jurnalis:  Ahmad Hakimi

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.