Upacara Hari Pahlawan, Suprawoto Mengaku Sempat “Berkaca-kaca” Saat Mengenakan Baju Ala Bung Tomo

Suprawoto Bupati Magetan saat membacakan sambutan

Suarakumandang.com,BERITA MAGETAN. Suprawoto Bupati Magetan, Jawa Timur dengan mengenakan baju ala Bung Tomo memasuki alun-alun Magetan. Suprawoto langsung memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan yang diadakan dialun-alun Magetan. Sabtu,(10/11/2018).

Tak hanya Bupati Magetan saja yang mengenakan baju ala Bung Tomo. Selain sekretaris Daerah Bambang Trianto, semua pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Camat se- kabupaten  Magetan mengenakan pakaian ala Bung Tomo.

Suprawoto Bupati Magetan mengatakan upacara memperingati Hari Pahlawan yang digelar di alun –alun Magetan mengambil tema “Semangat Pahlawan didadaku”.”Mengapa demikian mengambil tema tersebut, kita tahu negeri ini berdiri pengorbanan yang luar biasa dari mereka pejuang  yang telah mendahului kita,”ujar Suprawoto.

“Nyawa saja diserahkan untuk membela negeri ini. Oleh sebab itu, kita sebagai penerus bangsa Indonesia wajibnya hukum untuk mengisi kemerdekaan dengan hal –hal yang positif dan jangan mudah terprofokasi,”kata Suprawoto usai mengikuti upacara .

Namun dalam hal ini, Bupati Magetan mengukapkan salah satunya  merasa prihatin melihat fenomena sekarang ini bangsa tersegmentasi.”Itu mengingatkan kembali para pahlawan yang berjuang untuk merebut kemerdekaan Indonesia,”ungkapnya.

Dijelaskan pula, untuk menanamkan nilai-nilai kepahlawanan kepada anak-anak sekolah, rencana tahun depan pemerintah kabupaten Magetan, anak-anak sekolah akan memakai pakaian ala bung tomo. “Ini kami lakukan karena berharap transpotrasi nilai kepahlawanan tersebut bisa tertanam  di generasi penerus,”paparnya.

Suprawoto mengaku bahwa jika dirinya saat upacara memperingati hari Pahlawan dengan memakai pakaian ala bung Tomo sempat berkaca-kaca.”Saya sempat berkca-kaca saat upacara tadi dengan mengenakan pakaian seperti ini, karena mengingat situasi bangsa seperti ini dan ingat kembali para pahlawan yang dulu sampai menyerahkan jiwa raganya hanya karena untuk kemerdekaan Indonesia ini,”ungkapnya.

Suprawoto Bupati Magetan saat tabur bunga di makam pahlawan di Magetan

Untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan dan pejuang bangsa, usai upacara Hari Pahlawan rombongan bupati Magetan menuju kelokasi Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Magetan.

Suparwoto kemudian melakukan peletakan karangan bunga di tugu TMPN Magetan  dan dilanjutkan dengan pembacaan doa untuk arwah para pahlawan dan selanjutnya  prosesi dengan melakukan tabur bunga di makam para pahlawan. Cahyo.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.