Tips Saat Berkendara dibulan Puasa

Suarakumandang.com,BERITA SURABAYA. Mengendarai sepeda motor dibulan puasa jika dibandingkan dengan bulan biasa akan berbeda. Meski perbedaanya tidak jauh namun akan lebih baik saat berpuasa harus bisa mempersiapkan diri agar ibadahnya tidak terganggu oleh rutinitas saat berkendara.Terutama saat menghadapi kemacetan yang panjang dan pengendara yang tidak tertib.

Disini seorang Instruktur safety riding MPM akan membagikan tips saat berkendara di bulan puasa . Dia adalah Hari Setiawan.

Hari menjelasakan, yang pertama tentukan route plan perjalanan, pada saat berkendara sangat perlu untuk membuat route plan sehingga berkendara bisa lebih efesien dan efektif.

“Dan yang perlu diperhatikan dalam pembuatan route plan yaitu waktu perjalanan dan Jalan yang akan dituju agar terhindar dari macet,”ujar Hari Setiawan.

Dia juga mengatakan, dalam hal ini yang  paling penting sebelum berkendara adalah cek kondisi motor yang meliputi tekanan angin ban, bensin, lampu, rem, dan spion. “Saat berkendara gunakan kecepatan dengan benar.  Pada saat berada di jalanan perkotaan kecepatan berkendara baiknya 40-50 km/jm dan untuk di area perumahan baiknya menggunakan kecepatan 20-30 km/jm,”paparnya.

“Satu hal lagi yakni hormati pengguna jalan dengan cara jangan menggunakan klakson yang berlebih, gunakan lajur berkendara yang benar, dan jangan zig-zag saat berkendara karena dijalan tidak hanya pengendara sepeda motor saja, tetapi ada pejalan kaki, sepeda angin dan mobil.,”terang Hari.

Sementara itu, Hari juga berpesan jika ingin berkendara selalu jaga kondisi tubuh tetap fit dengan istirahat yang cukup serta asupan gizi meski kita sedang berpuasa,”pungkasnya.

Jurnalis: Cahyo Nugroho.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.