Connect with us

SKI News

Tidak Lagi di Alun Alun, Sholat Idul Adha digelar di Masjid Agung Ngawi

Published

on

masjid Agung Baithurrahman DI kabupaten Ngawi

Suarakumandang.com,BERITA NGAWI. Dampak pandemi COVID 19, pelaksanaan Sholat Idul Adha yang biasanya digelar di lapangan alun alun Ngawi, dipastikan akan dipindah kedalam masjid Agung Baithurrahman.

Kasi Bimas Islam Kementerian Agama Ngawi Suroto menjelaskan jika pemindahan ini berdasar pertimbangan kondisi pandemi COVID 19, meskipun dalam tatanan normal baru.

“Tempat imam didalam masjid, dan peluasan untuk melaksanakan protokoler kesehatan pencegahan perluasan  virus, bisa memungkinkan makmum meluber hingga keluar karena panitia akan mengatur jarak antar makmum, terutama jamaah wanita akan ditempatkan di sisi barat alun alun” terang Suroto.

Lebih lanjut Suroto menjelaskan untuk memantau dan memastikan kondisi kesehatan jamaah, akan ditempatkan posko kesehatan di depan pintu masuk. Jamaah yang sakit diharapkan tidak ikut sholat idul adha di masjid dan disarankan untuk pulang.

“Ketentuan yang sama juga akan diberlakukan  jika jamaah mempunyai suhu tubuh di atas 37,3 derajat celcius ketika dilakukan pemeriksaan dengan menggunakan termo gun.” tutup Suroto.

Sementara protokol kesehatan standar yang diterapkan kepada semua jamaah mulai dari cuci tangan menggunakan sabun di air mengalir, selalu bermasker dan menerapkan physical distancing. Pihak panitia akan mengatur jarak untuk sholat berjamaah perjamaahnya dengan jarak 1,5 meter.

Selanjutnya dihimbau agar masyarakat mengoptimalkan mushola dan masjid yang ada di sekitarnya, sehingga tidak sampai terjadi jamaah yang berjubel dan menbludak di satu tempat saja.

Jurnalis: Ahmad Hakimi.

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.