Siapkan Budidaya Ikan Lele Dengan Sistem Bioflok Untuk Menuju Magetan Sehat

30 peserta kelompok perikanan di Kabupaten Magetan sedang mengikuti pelatihan budidaya ikan lel di balai benih ikan Purwosari Magetan.

Suarakumandang.com,BERITA MAGETAN.Upaya Pemerintah Kabupaten Magetan untuk meningkatkan cara membudidaya bibit lele memberikan pembinaan kepada 30 peserta kelompok perikanan di Kabupaten Magetan,  pelatihan diadakan di balai benih ikan  Purwosari Magetan.Selasa(07/08/2018)

“Adanya pelatihan dan pembinaan budidaya bibit lele ini, saya merasa senang, karena inikan bagian dari teknologi yang baru dan otomatis manfaatnya bagi petani  akan sangat  berguna sekali,  sistemnya  lebih intensif ,”Ujar Muhamad Arifin ketua kelompok perikanan

Dia juga mengatakan, Ini sistem  benih lele Suplemen Alami Bagi Ikan (bioflok ).Dalam pembinaan ini kelompok perikanan mendapatkan cara teknik pembibitan budidaya lele  tidak pada konvesional.

30 perserta mendapat pengajaran dari  balai pelatihan dan penyuluhan perikanan Kabupaten Banyuwangi mulai dari pengondisian air, pembuatan kolam, penebaran benih , pengondisian, teknik pemanenan. “Pelatihan cukup singkat karena hanya 5 hari. Sedangkan untuk penerapannya disesuaikan dengan siklus 2 sampai 2,5 bulan, karena dalam sistem bioflok menggunakan bakteri,”kata Muhamad.

“Disini media untuk mengembangkan ikan lele dengan sistem bioflo menggunakan bak buder dengan ukuran diameter 2 dan tinggi 1,5 meter,”ucap Muhamad.

Herison balai pelatihan dan penyuluhan perikanan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur mengatakan pihaknya melakukan  pelatihan  di Magetan untuk memberikan ilmu tentang bagimana cara ternak iklan lele yang lebih moderen dan efisiensi.””Kami berharap dalam peltihan ini kelompok perikanan di Kabupaten Magetan bisa menerapkan cara pembudidaya benih ikan lele,”kata Herison kepada suarakumandang.Selasa,(07/08/2018).

“Dalam sistem bioflok peternak ikan dapat menekan anggaran, karena pada umumnya setelah panen air tersebut diganti atau dibuang. Tapi dengan sistem ini air tidak perlu dibuang karena sudah baketri yang sebelumnya kita berikan sebelum memasukan bibit benih lele,”terang Herison.

Dengan sistem ini auh lebih mudah dan hasil panen ikan lele bisa meningkat 40 persen.”Dalam bak budar  berdiameter 2 tinggi 1,5 meter mampu menghasilkan lele berjumlah 2.000 ekor.

Sementara itu,balai pelatihan dan penyuluhan perikanan  dari 30  peserta akan melaksanakan pelatihan bibit benih lele mulai  (06-10/08/2018).Cahyo.

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. wina berkata:

    Sangat bagus artikelnya gan
    padat namun mudah di mengerti
    terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.