Santri Punya Peran Bagi Kemerdekaan Republik Indonesia

BUKA MUSYAWARAH: Sekda Kota Madiun Maidi saat membuka Musyawarah Peringatan Hari Santri bersama sejumlah jajaran.

BUKA MUSYAWARAH: Sekda Kota Madiun Maidi saat membuka Musyawarah Peringatan Hari Santri bersama sejumlah jajaran.

Suarakumandang.com, BERITA MADIUN.Sekda Kota Madiun Maidi mengatakan pemerintah menetapkan sebagai Hari Santri Nasionall, ada peran historis dari kaum santri ikut berjuang dalam merebut kemerdekaan dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal itu merupakan sejarah itorehkan oleh para kaum santri di negeri ini.

Ia mengatakan untuk menyambut Hari Santri Nasional, Pemkot Madiun menggelar Musyawarah Hari Santri mengambil tema Peran Santri Dalam Bernegara Pancasila. Santri dengan bimbingan para ulama, kiai atau pengasuh dengan gagah berani merebut kemerdekaan RI.

“Pelaksanaan Hari Santri Nasional direncanakan akan dilaksanakan 23 Oktober nanti di Alun-Alun Kota Madiun akan dijadikan sebagai tempat Apel Hari Santri Nasional.” jelas Maidi membuka Musyawarah Peringatan Hari Santri, Selasa (17/10/2017).

Terpisah, Pasiter Kodim 0803 Madiun Kapten Inf Sumarno usai musyawarah mengatakan harus diakui peran santri dalam dalam merebut kenerdekaan tergolong tinggi. “Mereka bersama para pejuang bahu membahu merebut kemerdekaan. Hal itu patut diteladani,” tandasnya.

Rencananya ribuan orang terdiri dari santri di Kota Madiun, siswa-siswi MAN/MTs se-Kota Madiun, SMPN se-Kota Madiun, Guru TK se-Kota Madiun dan Banser diperkirakan akan memeriahkan peringatan Hari Santri Nasional. Lalu, ada pementasan drama kolosal direncanakan panitia penyelenggara akan mewarnai Hari Santri Nasional.

Sedangkan, Doa Bersama digelar di Masjid Agung Kota Madiun akan menutup rangkaian kegiatan Hari Santri Nasional. Musyawarah dihadiri sekitar 30 orang juga dipaparkan rencana digelarnya kegiatan serupa akan dilaksanakan di Kecamatan se-Kota Madiun.

Musyawarah diikuti Ketua MUI Kota Madiun H. Sutoyo, Wakil Ketua Tanfidziyah PC NU Kota H M Chozin, Pasiter Kodim 0803/Madiun Kapten Inf Sumarno, Kasubagda Ops Polres Madiun Kota AKP Baru Trisno dan lainnya. Basuki.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.