Connect with us

SKI News

Ratusan Santri Ponpes Sabilil Muttaqin Di Magetan Gelar Sholat Idul Fitri

Published

on

Ratusan santri pondok pesantren (Ponpes) Sabilil Muttaqin di Desa Takeran/ kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan, Jawa Timur mengikuti sholat Idul Fitri 1441 Hijiryah (2020).

Suarakumandang.com,BERITA MAGETAN. Sedikitnya ada ratusan santri Pondok Pesantren (Ponpes)  Sabilil Muttaqin di Desa Takeran/ kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan, Jawa Timur mengikuti sholat Idul Fitri 1441 Hijiryah (2020).

Kh. Zuhdi Tafsir Pengasuh Pondok Pesantren Sabilil Muttaqin mengatakan penetapan 1 Syawal pada sabtu 23 Mei ini berdasarkan dari bentuk bulan yang sudah terlihat cekung pada saat memasuki malam 22 Ramadhan lalu.

“Itu kalau bulannya cekung berarti umurnya bulan Qomariyah Hijriyah itu pasti 29 . Kalau masih cembung pasti 30 dan itu sudah rumus,”kata Zuhdi. Sabtu, (23/05/2020).

Dari dasar itulah Ia menyakini jumlah hitungan puasa Ramadhan tahun ini adalah 29 hari, sehingga jatuh pada hari Sabtu 23 Mei.

Hal tersebut diperjelas jika penetapan dasar melihat bentuk bulan merupakan dasar yang sudah diwariskan oleh Hadratus Syech Imam Mursyid secara turun temurun sejak dulu.

Meski Pondok Pesantren Sabilil Muttaqin dalam pelaksanaan sholat Idul Fitri berbeda dengan keputusan pemerintah , namun mereka tetap bertoleransi dengan umat muslim lain yang masih akan melaksanakan sholat Idul Fitri yang ditetapkan pemerintah 1 Syawal 1441 Hijiriyah, Minggu,(24/05/2020).

Meskipun kapasitas Masjid tidak mencukupi, namun  dalam pelaksanaan sholat Idul Fitri tetap berjalan dengan lancar dan aman. Sebagian jamaah melaksanakan sholat di halaman masjid.

Jurnalis: Cahyo Nugroho.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.