Connect with us

SKI News

PPM Bapelitbang Ngawi Adakan Bimtek Untuk Tingkatkan Kompetensi Perangkat Daerah

Published

on

Akademisi UGM memberikan materi Bimtek kepada perangkat daerah Ngawi di Surakarta (27/01/2020).

Suarakumandang.com,BERITA NGAWI. Perangkat daerah merupakan unsur paling vital dalam pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan manusia, dan bekerja mendasar rencana kerja yang dibuat untuk persatu tahun anggaran.

“Bapelitbang Ngawi, pada  awal anggaran tahun 2020 ini, memfasilitasi perangkat daerah meningkatkan kompetensinya dalam menyusun rencana kerja daerah, dengan mengadakan kegiatan bimtek khusus, dengan menggandeng kalangan akademisi,” kata Sri Widodo,  Kabid Pemerintahan dan Pembangunan Manusia’ Bapelitbang Ngawi ( 04/02/2020).

Bimtek yang berlangsung selama 3 hari di Surakarta itu mendatangkan nara sumber dari divisi Diklat Map-fisipol UGM Yogyakarta.

Ditambahkan sebanyak 56 orang peserta dari mitra PPM, pejabat eselon 3 dan pejabat/staf perencana dari OPD Kecamatan sekabupaten Ngawi, dengan pembiayaan dari APBD Ngawi.

Sementara Dr. Nurhadi Susanto, M. Hum, narasumber dari divisi Diklat Map-fisipol UGM Yogyakarta, di sela-sela acara menyampaikan pentingnya perangkat desa memahami klasifikasi, kodefikasi serta nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan daerah serta menuangkannya dalam bentuk rencana kerja perangkat daerah yang disusun secara sistematis sehingga dapat menjadi dasar acuan untuk pelaksanaan kerja perangkat daerah selama 1 tahun.

Selanjutnya bimtek yang diadakan berdasarkan Permendagri no 86 tahun 2017 tentang tatacara perencanaan, pengendalian, dan evaluasi pembangunan daerah, RPJP dan RPJMD dan perubahannya serta Permendagri no 90 tahun 2019 tentang klasifikasi, kodefikasi dan nomenklatur perencanaan pembangunan daerah tersebut, diharapkan selain dapat meningkatkan kompetensi perangkat daerah, juga memberikan persepsi yang sama tentang pemahaman akan muatan, isi dan substansi rencana kerja perangkat daerah.

Jurnalis:  Ahmad Hakimi

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.