Connect with us

SKI News

Persiapan KPU Jatim Dengan Media Massa Untuk Sukseskan Pemilu 2020

Published

on

Gogot Cahyo Baskoro,  Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Propinsi Jawa Timur

Suarakumandang.com, BERITA SURABAYA. Gogot Cahyo Baskoro,  Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Propinsi Jawa Timur menyatakan bahwa keberadaan media sangat dibutuhkan sebagai mitra strategis yang memang dilibatkan dalam Pemilihan Umum.

Gogot mengatakan pihaknya mempunyai gambaran bahwa ke depan tahun 2020 media dan KPU harus bekerja sama di bidang publikasi terkait Pemilihan Umum.

“Yang jelas kita harus mempunyai pemahaman, bahwa pemilihan bupati, wakil bupati, walikota dan wakil walikota tahun depan di tahun 2020 ini “nonsense” dan mustahil bisa sukses dan berkualitas tanpa ada peran media,” ujar Gogot kepada jurnalis Suara Kumandang usai Rapat Evaluasi Gugus Tugas Pengawas dan Pemantuan Pemberitaan Penyiaran dan Iklan Kampanye Pemilu Tahun 2019 yang digelar di hotel Majapahit, Minggu, (08/12/2019) lalu.

Dikatakan pula, bahwa teman-teman media tetap menjadi mitra strategis yang memang harus kita libatkan setiap tahapan pelaksanaan dalam Pemilihan Bupati maupun Walikota.

Dalam hal ini KPU Propinsi Jawa Timur sudah mempunyai kebijakan yang bisa diharapkan dapat diimplementasikan di 19 Kabupaten/Kota  yang melaksanakan pemilihan Kepala Daerah (Pilkada),  yang itu bagian dari breakdown untuk membangun sinergitas dengan media.

“Yang pertama kita mewajibkan teman-teman KPU untuk mengaktifkan media center sebagai sarana komunikasi dengan teman-teman media . Nah, jadi teman-teman media silahkan untuk mengakses di situ nanti kita siapkan akses yang dibutuhkan mulai dari jaringan wi-fi yang memadai, printer, komputer, laptop,” jelas Gogot.

Bahkan tak tanggung-tanggung jika memungkinkan pihak KPU juga akan menyediakan konsumsi bagi jurnalis untuk mensupport untuk kepentingan media dalam peliputan Pemilihan Kepala Daerah.

“Kedua, pihak KPU Jatim mewajibkan KPU tingkat Kabupaten/Kota untuk mengaktifkan website-nya masing-masing, dan tidak sekedar aktif untuk kepentingan menyampaikan pengumuman atau informasi, tapi juga menyampaikan kegiatan-kegiatan KPU,” terang Gogot.

Dengan adanya website KPU Kabupaten/Kota yang sudah terisi kegiatan-kegiatan KPU maupun pengumuman lainnya lanjut Gogot bahwa website tersebut sudah menjadi rilis resmi.

“Jadi kalau teman-teman media ingin mengutip atau mengambil silahkan karena itu sudah menjadi rilis resmi dari KPU. Lain kalau ingin memperdalam berita, pihak KPU mempersilakan untuk wawancara atau konfirmasi langsung  kepada anggota KPU,” terang Gogot lagi.

Gogot juga meminta untuk KPU Kabupaten/Kota Se-Jawa Timur juga mempunyai program bersama dengan  teman-teman media. “Jadi KPU Propinsi Jawa Timur meminta KPU Kabupaten/Kota tidak hanya sekedar melibatkan teman-teman media dalam kegiatan sosialisasi, akan tetapi lebih dari itu,”ungkap Gogot.

Gogot mencontohkan yang sudah berjalan pada Pemilihan Gubernur tahun lalu. ”Kemarin kita sudah pernah adakan media gathering kumpul-kumpul dengan teman-teman media secara periodik. Sesuai tahapan misalkan waktunya jelang pencalonan kita bicara pencalonan, jelang kampanye kita bicara kampanye, jelang pemungutan suara kita bicara pemungutan suara dan seterusnya,” pungkasnya.

Jurnalis: Cahyo Nugroho.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.