Pepadi Ngawi Kuatkan Pembinaan Dalang Muda

Pagelaran kolaborasi 3 dalang wayang kulit di pendopo Ngawi dalam HUT Pepadi ke 48. Sabtu ( 27/ 04/2019 )

Suarakumandang.com,BERITA NGAWI. Dari beberapa kota/ kabupaten di Indonesia yang memberi ruang khusus kepada kesenian wayang kulit, Ngawi adalah salah satunya.

Belasan event berbagai tingkatan yang menampilkan kesenian Jawa setiap tahunya di kabupaten Ngawi, wayang kulit selalu menempati ranking pertama dari jumlah penonton.

Hal ini menunjukan minat masyarakat d kota berjargon Ngawi Ramah ini terhadap kesenian wayang kulit cukup tinggi.

Tidak hanya karena relevansi kesukuan, namun geliat bisnis entertain yang mendampinginya sangat menjanjikan bagi pemodal untuk turut mendukung kelestarian kesenian ini.

Seiring dengan itu, pemerintah kabupaten kini bekerjasama dengan Persatuan Pedalang Indonesia ( Pedadi ), sudah berdiri sekolah khusus pedalang cilik usia SD sampai SMP, yang sering ditampilkan pada beberapa even pertunjukan wayang.

Penampilan 3 dalang muda anak sekolah Ngawi dalam acara ulang tahun ke 48 Pepadi di pendopo Wedya Graha, Sabtu ( 26/4), menunjukan keseriusan pemkab Ngawi dalam pembinaan dan kelestarian seni wayang kulit dikalangan usia muda.

“Pepadi merupakan wadah untuk melestarikan atau nguri uri kebudayaan daerah, khususnya mewadahi bakat generasi muda pecinta pedalang,” kata Ketua Pepadi, Rusdianto, S.Pd.

Dihadapan Bupati Ngawi, Budi Sulistyono dan dewan penasehat Pepadi pusat, M Syakirun serta beberapa ketua SKPD dan jajaran, disampaikan tujuan perayaan Hut Pepadi kali ini adalah meningkatkan kualitas pedalang Ngawi, meningkatkan kerukunan antar seniman di kabupaten Ngawi, dan membantu serta mendukung kemajuan pembangunan di bidang kebudayaan daerah.

Selanjutnya Pepadi setelah ini masih harus menyiapkan segala sesuatunya untuk mengadakan pagelaran wayang kembali pada hari wayang nasional pada bulan November mendatang.

Jurnalis:  Ahmad  Hakimi.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.