Connect with us

SKI News

Peduli Kesehatan Penumpang, Daop 7 Madiun Sediakan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Published

on

Suarakumandang.com, BERITA MADIUN. Liburan Natal 2019 dan tahun Baru 2020 masih terasa dibeberapa tranportasi umum, seperti halnya Kereta Api (KA). Dalam perjalanan, kesehatan merupakan faktor yang sangat penting. Maka dari itu dalam Angkutan Natal dan Tahun Baru 2019 – 2020 ini, KAI Daop 7 Madiun menyediakan layanan pemeriksaan kesehatan gratis di empat stasiun besar, diantaranya Stasiun Madiun, Kertosono, Kediri dan Stasiun Blitar.

Wisnu Pramudyo Vice President PT KAI Daop 7 Madiun menjelaskan bahwa, pelayanan kesehatan akan diadakan di zona 2 atau area penumpang menunggu kereta api.

“Kami adakan di zona 2 agar penumpang yang sedang menunggu jadwal keberangkatan maupun turun dari KA dapat memanfaatkan fasilitas tersebut,” jelasnya.

Sebelumnya di stasiun sudah tersedia Pos Kesehatan gratis. Namun, selama Angkutan Natal dan Tahun Baru 2019-2020 ini juga terdapat Posko Kesehatan yang bekerjasama dengan pihak eksternal. KAI juga menyediakan ruang Laktasi untuk Ibu Menyusui serta fasilitas kursi roda.

 Lanjut Wisnu, pelayanan kesehatan gratis ini terdiri dari pemeriksaan fisik dasar, diantaranya pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan gula darah, kolesterol, asam urat, pengukuran berat badan, konsultasi medis dengan dokter, dan pelayanan obat.“Menurut informasi ada 160 penumpang yang memanfatkan layanan kesehatan gratis yang diberikan KAI ini,” kata wisnu.

” 55 penumpang di Stasiun Madiun, 34 di Stasiun Kertosono, 35 di Stasiun Kediri, dan 36 di Stasiun Blitar yang memanfaatkan pelayanan kesehatan gratis ini,” ungkapnya.

Masih kata Wisnu, selama ini penumpang yang mengalami gangguan kesehatan, baik yang terjadi saat di stasiun atau dalam perjalanan, segera ditindaklanjuti oleh petugas kesehatan dari KAI.

Dalam hal ini KAI juga menyediakan klinik medis yang bekerjasama dengan fasilitas kesehatan milik pemerintah maupun swasta di sepanjang jalur KA.

“Dengan kerja sama ini bertujuan untuk mengantisipasi apabila ada penumpang yang mengalami kondisi kesehatan darurat dan harus segera dirujuk ke rumah sakit,”pungkasnya.

Pihak KAI menghimbau pada penumpang agar memaksimalkan fasilitas kesehatan yang ada. Agar saat melakukan perjalanan benar-benar dalam kondisi kesehatan yang baik.

Dari kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis ini diharapkan penumpang KA selalu terjaga kondisi kesehatannya, apabila ada yang terganggu kesehatannya dapat langsung ditangani.

Humas Daop 7 Madiun

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.