Connect with us

SKI News

Musim Giling Tahun 2023, Pabrik Gula Ngadirejo Kebut Produksi Gula

Published

on

Humas PG Ngadirejo Kediri Zainul Arif.

Suarakumandang.com, BERITA KEDIRI. Hingga pertengahan Juli 2023, total produksi gula mencapai 25.472 ton.Pabrik Gula Ngadirejo Kediri (PG) menggenjot produksi gula pada musim giling 2023.

“Produksi sampai saat ini mencapai 25.472 ton atau 254.720 kwintal. Setelah itu, pasokan gula tebu tumbuk sejauh ini 3.540.800 kwintal,” kata Humas PG Ngadirejo Kediri Zainul Arif.

 Zainul Arif menambahkan, gilingan tahun ini agak terbatas karena pasokan bahan baku tebu. Kondisi cuaca buruk dari Juni hingga awal Juli mengganggu armada tebu.

PG Ngadirejo Kediri kebetulan merupakan unit usaha PT Sinergi Gula Nusantara yang memulai musim giling tahun ini, sejak 14 Mei 2023 kemarin.

Dalam kondisi cuaca ekstrem, pasokan tebu ke perkebunan dibatasi oleh truk. Armada tidak bisa memasuki taman karena kelalaiannya. Dalam kasus yang sulit, biaya kompensasi jalan raya tinggi.

“Mudah-mudahan sisa 84 hari giling, sampai 8 Oktober 2023 pasokan tebu lancar. Saat ini kondisi pabrik baik, begitu juga dengan lingkungannya,” ujar Zainul.

Selama ini PG Ngadirejo Kediri mengambil tebu dari seluruh pabrik. Dari Kecamatan Ngadiluwih, Kandat, Wates dan sekitar Ngancar.

“Kualitas tebu PG Ngadirejo cukup bagus. Cuacanya cukup mendukung. Setelah itu rata-rata returnnya 7,5%,” pungkasnya.

Jurnalis: Pendi.