Melatih Pemuda Untuk Mandiri dan Kreatif

Harigitoyo

Suarakumandang.com, BERITA MAGETAN. Pemuda adalah orang  yang bila dilihat secara fisik sedang mengalami perkembangan dan secara psikis sedang mengalami perkembangan emosional, sehingga pemuda merupakan sumber daya manusia pembangunan, baik saat ini maupun masa yang akan datang. Sebagai calon generasi penerus yang akan menggantikan generasi sebelumnya.

Dalam menyelamatkan pemuda sebagai generasi bangsa Hari Gitoyo melakukan berbagai inovasi untuk menciptakan generasi yang mandiri.

Dalam 10 tahun terakhir ini pria yang mempunyai tinggi badan 190 cm sebelum berbagi ilmu kepada generasi muda soal hidup mandiri dia memberikan contoh terlebih dahulu. Contoh itu adalah yang dilakukan Hari Gitoyo berternak kambing, kelinci dan ayam. Selain itu, di bidang pertanian Hari Gitoyo juga memberikan contoh cara pembuatan bibit buah-buahan.

“Saya beri contoh dulu. Lambat laun mereka akhirya tertarik dan ikut melakukannya, dan itu butuh waktu. ”ujar Hari Gitoyo.

Pria yang mempunyai lima saudara ini juga mengaku saat awal menjalankan usahanya di bidang pertanian dan peternakan banyak menemui kendala. “Kendalanya banyak Mas, tapi dari kendala itu akhirnya saya bertambah ilmu, dan tentunya pengalaman dalam menggelola usaha.” katanya.

“Bisnis ternak kambing, kelinci dan ayam. Sedangkan di bidang perkebunan yakni membuat bibit buah-buahan seperti mangga, jambu, rambutan tapi ada juga pohon jati, maupun pohon lainnya,” terangnya.

Dalam usaha menciptakan pemuda yang mandiri, sekarang sudah mulai dirasakan. Meski hanya beberapa pemuda akan tetapi dalam membimbing bisa dirasakannya. ”Sekarang mereka sudah mandiri bahkan dari usaha pembibitan buah-buahan hasilnya bisa untuk mencukupi kebutuhan masing-masing,” paparnya.

“Mereka pemuda kelurahan Parang, Kecamatan Parang sini saja mas, nggak jauh-jauh. Terpenting kita gerakan dulu pemuda sini bagimana caranya mereka bisa menjadi pemuda yang kreatif dan mandiri,”kata Hari Gitoyo lagi.

Hari Gitoyo yang tinggal di kelurahan Parang, Kaecamatan Parang, Kabupaten Magetan, Jawa Timur ini, selain menjalankan usaha pembibitan dan ternak, pria yang mempunyai hobi bulu tangkis ini,  setiap harinya bekerja sebagai anggota DPRD di Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Bicara soal modal usaha kata Hari Gitoyo mereka modal sendiri tanpa proposal maupun bantuan dari anggaran pemerintah.” Jadi modal yang didapat dari masing-masing pemuda, jadi sama sekali tidak memakai anggaran proposal maupun anggaran pemerintah, murni modal sendiri,” jelasnya.

Ketertarikan mereka dalam mengikuti usaha ternak dan pertanian karena saat itu kambing dan bibit buah-buahan  sering saya tinggal karena pekerjaan anggota DPRD. ”Awalnya dari mereka saya mintai tolong untuk menjaga atau merawat. Ini sering saya lakukan karena saya sering keluar Dinas. Maka dari itu saya sering minta tolong untuk dirawat,” katanya.

“Lambat laun akhirnya mereka ingin mempunyai usaha sendiri apa yang selama ini saya kerjakan. Dan hingga sampai saat ini mereka bisa mandiri dan usahanya bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari,” ucapnya.Cahyo.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.