Magetan Jadi Tuan Rumah Jumbara Ke IX PMR PMI Se-Jawa Timur

Salah satu penari peserta jumbara ke-ix-PMR PMI dari Kabupaten Bangkalan Madura.

Suarakumandang.com, BERITA MAGETAN. Tahun 2019  Kabupaten Magetan, jawa Timur  menjadi tuan rumah Jumbara (Jumpa Bakti Gembira) ke IX Palang Merah Remaja (PMR) Palang Merah Indonesia (PMI) se-Jawa Timur yang diikuti oleh ratusan peserta. Acara ini diselenggarakan mulai tanggal 24 s/d 28 juni 2019, dan dimeriahkan oleh 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur. Acara Jumbara ke IX PMR PMI  ini dihadiri langsung oleh Suprawoto Bupati Magetan.

Rubai salah satu pembina PMR PMI Kediri, Jawa Timur  mengatakan bahwa, Jumbara adalah pertemuan Palang Merah Remaja dari tingkat Mula, Madya, dan Wira yaitu tingkat SD, SMP/MTS, SMA/SMK/MA perwakilan dari 38 Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

Salah satu peserta Jumbara Ke IX PMR PMI asal Kabupaten Kediri Jawa Timur

 

 

 

Dikatakan, satu kontingen mengirimkan PMR mula tingkat SD ada 12, PMR Madya tingkat SMP ada 12, PMR Wira tingkat SLTA ada 12.”Total semua dengan pembinanya 45 perkontingen,”ucapnya.

“Dalam acara Jumbara ini, para peserta dapat menambah ilmu, pengalaman, saling berbagi pengetahuan, mengasah ketangkasan, melatih kepemimpiman, penanganan pertama pada kecelakaan serta kesiap siagaan bencana, juga bakti sosial donor darah,”jelas Rubai.Senin,(24/06/2019).

Dijelaskan pula bahwa Jumbara ini diadakan setiap 4 tahun sekali. Untuk yang ke IX ini diadakan di kabupaten Magetan.”Kabupaten Magetan menjadi tuan rumah Jumbara yang ke IX PMR PMI. Berharap acara ini nanti bisa berjalan dengan lancar sampai selesai,”ucap Rubai kepada jurnalis suara kumandang.

Sementara itu pada tanggal 24 juni 2019 peserta Jumbara ke IX mengikuti kegiatan parade budaya yang dimulai start dari lapangan Secata-Jl.Pahlawan-Jl.Panglima Sudirman-Jembatan Gandong 1-Jl.Basuki Rahmat dan finish di depan Pendopo Surya Graha Magetan.

“Setelah kegiatan parade budaya masih ada kegiatan pentas seni oleh para peserta Jumbara, jadi peserta akan menampilkan kesenian dari daerahnya masing-masing. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Gor Ki Mageti pada tanggal 24 s/d 28 juni 2019 pukul 15.00 s/d 23.00 WIB dan dibuka gratis untuk umum.”ungkapnya.

Nampak sekali antusias masyarakat Magetan untuk menyaksikan  parade budaya dalam rangka Jumbara ke IX PMR PMI . Demi keamanan dan kelancaran lalu lintas selama acara berlangsung, pihak kepolisian mensiagakan anggotanya di sepanjang jalur parade budaya.

Jurnalis: Erren Harris (Magang)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.