Connect with us

SKI News

Lestarikan Batik, Pemkab Magetan Gelar Fashion Show Batik Khas Magetan

Published

on

Suarakumandang.com, BERITA MAGETAN. Berbagai upaya dilakukan pemerintah Kabupaten Magetan, Jawa Timur untuk melestarikan batik. Salah satunya melalui acara Fashion Show Batik Khas Magetan yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwista dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Magetan.

Acara diikuti 42 peserta perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Magetan. Fashion show batik di selenggarakan di pendopo Surya Graha. Rabu (09/10/2019) malam.

Suprawoto bupati Magetan mengatakan pihaknya memberi kebebasan kepada peserta dengan menggunakan bermacam-macam batik khas Magetan. ”Banyak motif yang digunakan peserta, selain batik pring peserta juga mengenakan batik bermotif yang ada di Magetan, seperti misal batik ciprat, piring Sedapur dan masih banyak lagi lainnya,”ujar Suprawoto kepada jurnalis suara kumandang.

“Kami mengharapkan acara fashion show batik kekinian dengan model menarik dan elegan ini bisa menjadi edukasi menarik, setidaknya para pengusaha batik akan memahami sebuah proses penciptaan batik yang ia kerjakan,”kata Suprawoto.

Masih kata Suprawoto, tujuan acara ini tak lain adalah meramaikan Hari Batik 2019 yang jatuh pada 2 Oktober. ”Karena kemajuan jaman, sekarang di Magetan sudah ada 6 tempat pembatik, meskipun awalnya di Magetan yang pertama kali produksi batik hanya di desa Sidomukti,”paparnya.

Hasil dari Fashion Show Batik Khas Magetan ini, juara pertama jatuh kepada Disperindag dengan nilai 530, Juara 2 Kecamatan Barat dengan nilai 495 Juara 3 Kecamatan Kartoharjo dengan nilai 485. Sedangkan untuk Juara Harapan satu Kecamatan Bendo dengan nilai 480, Juara Harapan dua. PPKBPP & PA dengan nilai 472.

Sementara itu acara yang digelar di pendopo Surya Graha semakin spektakuler dan meriah karena seluruh tamu undangan mulai dari OPD, Forkupimda seluruhnya memakai pakaian serba batik khas Magetan.

Jurnalis: Cahyo Nugroho.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.