Lagi-Lagi Warga Keracunan Massal Usai Makan Gulai Ayam di Acara Hajatan

Suarakumandang.com, BERITA PONOROGO. Kasus keracunan massal kembali terjadi. Kali ini di Ponorogo, Jawa Timur sedikitnya ada 30 warga desa Plalangan, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur mengalami keracunan usai menghadiri hajatan warga.

Sesuai informasi warga yang keracunan awalnya mengalami muntah-muntah dan diare dan dilarikan dipuskesmas terdekat.

Dalam kasus keracunan massal tak hanya orang dewasa saja, balita yang baru usia 2 tahun juga terpaksa mendapat perawatan setelah diduga terkena keracunan massal.

Informasi yang berhasil kami himpun kamis,(20/06/2019) malam warga setempat menggelar hajatan kirim doa. Diduga usai menyantap makanan hajatan berupa gulai ayam, jumat,(21/06/2019)  siang hari puluhan warga merasakan muntah, diare dan mual hingga puncaknya jumat malam (21/06/2019).

“Rasanya mual, pusing usai makan ikan hajatan, ikannya ayam. Rasanya enak tapi habisnya diperut ndak enak. Kemarin saat makan ndak ada rasa apa-apa tapi besoknya rasanya ndank enak diperut,”kata Mahnur Kiani salah satu korban yang diduga keracunan massal.

Dalam kasus ini pihak pukesmas mengaku saat ini seluruh pasien yang datang bisa tertangani. Sedangkan pasien yang memiliki daya tahan tubuh kuat menjalani rawa jalan.

“Untuk yang ke 23 pasien setelah kami periksa tidak memerlukan rawat inap cukup rawat jalan dan kami berikan obat secara oral atau secara umum,”jelas Desi Istianawati dokter Pukesmas Jenangan.Jumat, (21/06/2019).

Sedangkan yang mengalami muntah, lemas dan diare oleh pihak puskesmas Jenangan terpaksa harus menjalani rawat Inap dengan resositasi cairan dengan infuse dan diberikan obat secara injeksi secara suntik.

Sesuai keterangan dari polsek Jenangan hingga sampai jumat malam jumlah pasien yang diduga keracunan massal berjumlah 30 orang yang tersebar di dua pukesmas dan rumah sakit di Ponorogo.

“Untuk sampel dari makanan sudah kita bawa ke yang berwenang yaitu dinkes, nanti akan kita lab-kan, sehingga kejelasannya akurat,”terang  AKP Haryo Kusbintoro Kapolsek Jenangan kepada jurnalis suara kumandang.

Masih kata Haryo sedangkan korban mengalami keracunan makanan yang tadinya ada hajatan doa bersama untuk korban total ada 30 orang, yang 3 di RSU Aisiyah Ponorogo.

Sementara itu, pihak kepolisian masih mendalami penyebab pasti keracunan masal yang menimpa sedikitnya 30 warga, termasuk pemilik hajatan dan Termasuk membawa sampel makanan yang diduga menjadi penyebab keracunan.

Jurnalis: Cahyo Nugroho.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.