Jumlah Korban Keracunan Massal di Jenangan Ponorogo Terus Bertambah

Suarakumandang.com,BERITA PONOROGO. Jumlah korban keracunan massal akibat mengkonsumsi makanan hajatan yang digelar pada kamis,(20/06/2019) lalu oleh warga desa Plalangan, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur terus bertambah.  Korban mencapai 37 pasien. Korban kebanyakan mengalami mengeluh mual dan muntah secara terus menerus.

Hingga berita ini diturunkan Sabtu,(22/06/2019) petugas puskesmas Jenangan terus disibukan penanganan pertama puluhan warga desa Plalangan.

Meski jumlah pasien keracunan terus bertambah, namun pihak puskesmas mengaku masih mampu mengatasi dan menangani seluruh pasien. Termasuk sudah meminta tambahan tenaga medis dan extra bad ke dinas kesehatan Ponorogo.

drg Titik Suprihatin kepala Puskesmas Jenangan mengatakan pihaknya hingga sabtu siang ini masih menerima pasien keracunan massal. ”Ada penambahan pasien awalnya 9 sekarang  menjadi 16 pasien jadi ada penambahan 7 pasien dan kondisinya terkontrol tidak perlu dirujuk,”ujar Titik kepada jurnalis suara kumandang.

“Dari total rawat inap 16 pasien jadi total pasien yang sempat ditangani berjumlah 32. Sebagian pasien sudah membaik, bahkan tadi pagi ada yang sudah pulang ke rumah,”katanya.

Dia juga mengatakan, untuk siaga petugas dengan adanya kemungkinan jumlah korban masih terus bertambah, pihak puskesmas sudah melakukan  koordinasi dengan Dinas Kesehatan dan siap membantu kekurangan bad maupun tenaga.

Nuryanto salah satu korban keracunan mengaku hingga sabtu siang ini  masih lemas dan untuk buang air besar sulit .”Seingat saya makan kering sama ayam goreng. Saat makan tidak ada merasakan apa-apa biasa saja. Dan sekarang sudah mendingan daripada kemarin,”ucap Nuryanto.

Sementara itu, data puskesmas hingga sampai sabtu,(22/06/2019) tercatat ada 37 pasien yang sudah mendapat penanganan medis akibat keracunan massal makanan hajatan. Jumlah tersebut tersebar di dua puskesmas dan satu rumah sakit di Ponorogo.

Diberitakan sebelumnya puluhan warga desa Plalangan, kecamatan jenangan sejak jumat siang berbondong-bondong ke puskesmas akibat mengalami keracunan massal yang diduga warga keracunan usai mengkonsumsi nasi hajatan dirumah Tumirah warga setempat.

Jurnalis: Cahyo Nugroho

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.