Connect with us

SKI Kesehatan

Khawatir virus Corona Menyebar di Magetan, Keluarga Almarhum Diisolasi

Published

on

KONFERENSI PERS BERSAMA: Bupati Magetan Suprawoto, Ketua DPRD Sujatno, unsur Forpimda, Dinas Kesehatan, Direktur RSUD dr Sayidiman Kabupaten Magetan dan lainnya, tengah melakukan konferensi pers bersama. di rumah dinas bupati magetan

Suarakumandang.com,BERITA MAGETAN. Suprawoto Bupati Magetan, Jawa Timur menyatakan bahwa korban yang meninggal di rumah sakit umum daerah Dr Moewardi Surakarta Rabu, (11/03/2020) lalu pukul 13:45 WIB adalah Suwarni (59) warga Kelurahan Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta.

Sesuai ketentuan, pihaknya belum bisa menerapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) hingga meliburkan sekolah.

“Almarhum  buka usaha di Solo dan dia asli orang Magetan, ketika almarhum meninggal dunia oleh pihak keluarga dimakamkan di Magetan,”ujar Suprawoto dalam jumpa pers.Sabtu,(14/03/2020).

Lanjut Suprawoto, korban meinggal sudah dinyatakan oleh pemerintah pusat akibat terkena virus corona.“Langkah yang diambil oleh pemerinah yakni pertama melakukan penelusuran sekitar lokasi kontaknya kepada  siapa saja, sudah dilakukan,” ujar Suprawoto.

“Bahkan pagi ini juga tim kesehatan dari propinsi jawa timur sudah melakukan cek, walaupun dari dinas kesehatan Magetan sudah melakukan hal sama,”jelas Suprawoto.

Bahkan dalam hal ini pihak pemerintah juga melakukan pengecekan kepada siapa saja yang sudah berinteraksi  dengan pihak keluarga korban.

Langkah pemerintah supaya virus corona tidak menyebar keseluruh wilayah kabupaten Magetan dan sekitarnya yakni melakukan langkah-langkah sebagai berikut mengisolasi keluarga korban  di Magetan.

“Dalam isolasi keluarga korban pihak pemerinah kabupaten Magetan juga melakukan evaluasi apakah keluarga tertular atau tidak. Hari ini sempelnya  sudah diambil oleh dinas propinsi,”kata Suprawoto.

Suprawoto berharap kepada keluarga korban tidak terjadi apa-apa.”Kita berdoa saja, semoga virus corona tidak menyebar di Magetan,”jelasnya.

“Kita semua berdoa dan bertindak, kita berdoa kepada Tuhan supaya tidak merebah. Bahwa virus ini bisa dicegah dengan cara hidup sehat,”paparnya.

Suprawoto juga menghimbau kepada masyarakat Magetan yang sedang sakit jangan keluar rumah.”Termasuk wartawan kalau sakit jangan meliput.  Oleh sebab itu mari kita jaga kesehatan, karena untuk bisa melawan virus corona salah satunya imunitas dengan tubuh yang sehat,”kata Suprawoto lagi.

Pemerintah kabupaten Magetan berharap masyarkat jangan panik.”Mira kita kita hadapi karena ini sudah terjadi, mari kita hadapi dengan cara hidup pola sehat,”terangnya.

Atas kondisi seperti ini, Dinas Kesehatan langsung diperintahkan turun dan mengadakan pemeriksaan pihak keluarga dekat almarhum. Sebab, saat menjalani perawatan dijaga sang istri dan 2 anaknya, diperkirakan sempat melakukan kontak. Belum sempat dilakukan pemeriksaan, Jum’at (13/3/2020) mendadak istri almarhum mengalami gejala awal seperti pasien Corona.

“Selanjutnya, istri almarhum dibawa ke RSUD Kabupaten Magetan dr Sayidiman, karena demam makin tinggi. Selanjutnya, bersangkutan dirujuk ke RSUP Propinsi Jatim dr Soedhono di Kota Madiun, Jum’at (13/3/2020) sekitar pukul 20.90. Kami sudah ambil berbagai sanple guna memastikan terkena virus Corona atau tidak,” jelas dr Hari Widodo kepala dinas kesehatan kabupaten Magetan  .

Mereka diambil sample seperti darah, dahak dan lainnya atau masuk dalam status pengawasan sebanyak 7 orang yaitu istri almarhum, 2 anaknya, istri dan cucu almarhum. “Almarhum sebelumnya masuk RS dr Oen di Surakarta, lalu dirujuk ke RSUD Kabupaten Surakarta dr Moewardi. Selama ini, merawat langsung istri dan kedua anaknya, ” papar dr Hari Widodo lagi.

 Selama ini, istri dan kedua anak almarhum melakukan kontak dengan menantu serta cucunya. “Mereka ini, kini diisolasi dalam rumah dengan mengenakan masker, diminta tidak banyak melakukan aktivitas diluar rumah. Tim Dinkes Propinsi Jatim juga telah datang melakukan pengambilan sampel serupa, soal hasil tunggu 3-4 hari,”pungkasnya.

Jurnalis: Cahyo Nugroho.

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.