Connect with us

SKI News

Kesugihan-Pulung dilalui Jalur Lingkar Wilis, Mulai di Data

Published

on

Jamus Kunto Purnomo Kepala Dinas PUPR Kabupaten Ponorogo

Suarakumandang.com,BERITA PONOROGO. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur mulai mendata jalur lingkar wilis.

“Proyek Lingkar Wilis ini merupakan proyek pusat yang sudah menjadi atensi Wakil gubernur Jawa Timur  Emil Dardak dan Presiden Joko Widodo,”ujar Jamus Kunto Purnomo Kepala Dinas PUPR kepada jurnalis suara kumandang.

Dijelaskan pula, wacana pembukaan jalur Lingkar Wilis yang menghubungkan 6 kabupaten, yakni Kabupaten Nganjuk, Ponorogo, Caruban, Tulungagung, Trenggalek, dan Kediri.

Proyek Lingkar Wilis pihak DPU-PR Ponorogo hanya melakukan pendataan dari perbatasan Madiun, yakni Toyomarto – Gondowido – Kesugihan – Pulung – Suru- Ngadirojo – Masaran (Trenggalek).

“Dana dan maket langsung dari pusat, kalau kami hanya sesuai tupoksi di daerah saja,” Kata Jamus, Jumat (06/08/2019) .

Kata Jamus,  sebelum pengajuan jalan Lingkar Wilis, pihaknya  bersama 6 kabupaten lain termasuk dari Provinsi dan Pusat sudah menggelar rapat kesepakatan bersama.

“Jadi, ini tidak asal tunjuk tapi sesuai dengan pertemuan sebelumnya, kalau kecamatan Sooko itu terlalu atas,” terang dia.

Jamus menambahkan untuk perbatasan langsung nanti ke Masaran (Trenggalek) dan perbatasan antara Kare (Madiun) dengan Toyomarto (Ngebel).

“Kalau untuk Kabupaten lain silakan komunikasi dengan Kabupaten masing-masing,” terangnya.

Sementara, melihat proyek ini antusias masyarakat Ponorogo sangat bagus. Sebab, bisa menjadi peluang investasi maupun terhadap transportasi untuk peningkatan perekonomian masyarakat.

Misalnya, potensi perkebunan sayuran dan susu produk di kecamatan Pudak bisa lebih cepat terdistribusi. Selain itu dengan potensi wisata yang ada di Jalur Madiun, Nganjuk, Kediri, Tulungagung dan Trenggalek.

“Kita menunggu petunjuk dari provinsi dan pusat, kalau kita sesuai kaidah dan aturan, sesuai spesifikasi saja. Tapi kita saat ini bangun jalan di Kesugihan (Ngebel), tahun 2020 nanti Toyomarto juga di hotmix,” pungkasnya.

Jurnalis: Yoga Kariem (Magang).

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.