Connect with us

SKI News

Kejar Penghargaan Swasti Saba 2021, Bapelitbang Ngawi Bentuk Tim Pembina

Published

on

Tim Pembina bentukan Bapelitbang Ngawi ditargetkan sukses mendapatkan penghargaan Swati Saba sebagai Kabupaten Sehat Nasional 2021 dari Presiden RI.

Suarakumandang.com,BERITA NGAWI. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapelitbang) Pemerintah kabupaten  Ngawi membentuk Tim Pembina Kabupaten Sehat Ngawi untuk mensukseskan kabupaten Ngawi sebagai Kabupaten Sehat Nasional 2021.

Tugasnya memfinalisasi penunjukkan titik pantau verifikasi, yang akan dijadikan obyek untuk mengikuti program tersebut, menyusul setelah Ngawi menjadi salah satu kabupaten yang diajukan sebagai Kabupaten/Kota Sehat penerima penghargaan Swasti Saba tahun 2021.

Program Kabupaten/Kota sehat merupakan program pemerintah secara nasional, yang dimulai sejak 2005 lalu, mendasar Peraturan bersama Menteri dalam negeri dan Menteri Kesehatan no 34 Tahun 2005 dan no 1138/Menkes/PB/VIII/2005 tentang penyelenggaraan Kab/Kota Sehat.

“Program Kabupaten/Kota sehat merupakan Program yang ditujukan untuk menilai suatu kondisi Kabupaten/Kota yang bersih, nyaman, aman, dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan Pemerintah daerah, ” kata Kepala Bapelitbang Pemkab Ngawi, Indah Kusumawardani, usai pembentukan tim di kantor Bapelitbang (01/03/2021).

“Program ini merupakan agenda Pemerintah yang pelaksanaan evaluasinya tiap 2 tahun sekali, dan di tahun 2021 ini penghargaan Swasti Saba untuk peraih predikat Kabupaten/Kota sehat akan diberikan oleh Presiden RI,” lanjut Indah yang juga selaku Ketua Tim.

Dari rapat kordinasi Tim, sejumlah kegiatan yang harus disiapkan oleh beberapa OPD diantaranya Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Keluarga dan Dinas Lingkungan Hidup untuk memprogram kegiatan sekolah ramah anak demi mengejar penghargaan Adiwiyata Nasional dan SMA Jogorogo dipilih oleh tim untuk obyek penilaian ini.

Kegiatan lainnya yaitu Program Perpus Desa oleh OPD Dinas Perpustakaan dan Pertanian Organik oleh Dinas pertanian, serta beberapa kegiatan yang lain.

Selanjutnya melalui koordinasi tersebut, diharapkan kegiatan dalam rangka program Kabupaten/Kota sehat dapat terlaksana dengan baik, dan predikat Kabupaten sehat dapat diperoleh oleh Ngawi tahun 2021 ini, dan penghargaan Swasti Saba dari Presiden RI dapat diraih.

Jurnalis:  Ahmad Hakimi.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.