Connect with us

SKI News

Kebakaran Hutan Pinus, Ancam Permukiman Warga

Published

on

Warga Memantau Kebakaran Yang mendekati Permukiman Mereka, Rabu (19/11/2019). Foto: Yoga Kareim

Suarakumandang.com, BERITA PONOROGO. Kebakaran hutan kembali terjadi di wilayah Ponorogo. Kali ini, menimpa hutan pinus yang ada di wilayah Desa Wates, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur atau KPH 105 Ngebel. Kebakaran tersebut sudah mendekati perumahan warga dan hingga berita ini diturunkan api masih belum bisa ditaklukan meski petugas, 2 unit Damkar, dan warga sudah berkumpul. Rabu (20/11/2019)

Angin dan juga medan berupa jurang dan lereng pegunungan, juga menambah kesulitan petugas Dan warga untuk menaklukan si jago merah.

Dari pantauan jurnalis suara kumandang kebakaran terjadi di hutan sebuah lereng gunung. Para petugas Damkar, TNI/POLRI, BPBD dan warga tak berdaya memadamkan api karena lokasi yang sulit dicapai. Lokasi api tepat dibawah jurang dekat permukiman warga serta angin juga menambah kesulitan petugas dan warga untuk menaklukan si jago merah.

Sri Sunarsih (38) warga desa Wates,  mengatakan kejadian kebakaran dimulai dari pukul 16:00 WIB, rabu (19/11/2019). “Mulai pukul 5 sore posisi api sudah mendekati rumah warga, jam 6 petang pemadam sudah datang,” Kata Sri.

Masih kata Sri, warga dan petugas hingga saat ini masih kesulitan dalam memadamkan kebakaran hutan. “Ini dekat jurang, jadi sulit, yang penting kami warga udah panggil pemadam,” Tuturnya.

Sementara itu, Komandan regu Damkar, Budi Triyono mengatakan karena sulitnya medan, petugas akan terus di kondisikan di dekat permukiman mengantisipasi api menjalar ke permukiman.”Ya gotong royong untuk memadamkan api, ini posisinya di lereng gunung, kami kesulitan memadamkan, kami mengantisipasi dan terus memantau agar tidak mengenai permukiman,” Pungkas Budi.

Sampai berita ini diturunkan api masih belum padam dan belum diketahui luas hutan yang terbakar dan tidak ada korban jiwa atau materi hanya alang-alang hutan dan kayu pinus.

Jurnalis: Yoga Kariem.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.