Joko:Tidak Ada Alasan Mengurus Perijinan di PMPTSP Magetan Itu Sulit

Joko Trihono Plt Dinas PMPTSP Kabupaten Magetan

Joko Trihono Plt Dinas PMPTSP Kabupaten Magetan

Suarakumandang.com, BERITA MAGETAN. Dinas (PMPTSP) Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Magetan, Jawa Timur berupaya untuk memancing investor dari luar, agar tertarik berinvestasi di Magetan,. Salah satunya melakukan sosialisasi melalui media elektronik, tulis maupun iklan berupa baliho yang dipasang di tempat strategis dan juga disejumlah tempat yang ada di luar Kabupaten Magetan.”Pihak kami juga memasang seperti tempat tempat ramai di luar Magetan, berharap orang luar mengetahui bahwa di Magetan tempat investor,”ujar Joko Trihono Plt Kepala Dinas PMPTSP Kabupaten Magetan.

“Kami selalu menyampaikan, tidak ada sesuatu yang sulit untuk mengurus perijinan di Kabupaten Magetan dan kami berikan ruang untuk bisa berkomunikasi, berkonsultasi jika menemukan permasalahan saat proses berinvestasi dan kami berikan solusinya,”kata Joko.

Pihaknya juga menyedian portal pelayanan secara online. Ini bertujuan agar masyarakat atau investor bisa dengan mudahnya mengakses alamat website Dinas PMPTSP Kabupaten Magetan, yang berkaitan dengan peluang untuk berinvestasi mauapun perijinan.

Upaya PMPTSP tidak hanya memancing investor datang ke Magetan saja, akan tetapi juga berupaya membantu menuju keberhasilannya dalam usaha.”Jika mereka berhasil maka kami harus mempertahankan dan terus membantu untuk dikembangkan,”katanya.

“Terdapat beragam strategi yang dapat disusun agar laju investasi yang masuk terus dapat naik dan berdampak pada penurunan angka pengangguran di Magetan,”paparnya.

Keberhasilan penanaman invenstasi di Kabupaten Magetan tidak terlepas dari kemudahan perizinan melalui kebijakan DPMPTSP. “Kebijakan tersebut harus terus dioptimalisasikan sehingga tercipta pelayanan yang mudah dan professional,”terang Joko lagi.

“Untuk mendorong minat investasi, promosi investasi harus terus ditingkatkan. Hal ini tidak hanya dalam rangka promosi investasi daerah tetapi juga lebih kepada membangun kemitraan yang efektif, dengan tujuan sama-sama saling menguntungkan.,”katanya.

Tidak hanya itu pemanfaatan promosi investasi yang efektif juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi dan  informasi.

Dalam hal ini pentingnya meningkatkan pengawasan serta mengevaluasi aktifitas dan hasil investasi. Lanjutnya, hal ini kerap terabaikan dan terlupakan.

Upaya Pemerintah Kabupaten Magetan tidak hanya berhenti dalam mendorong investasi yang masuk, tetapi optimalisasi terhadap pengawasannya juga diperlukan, sehingga tidak terciptanya pelanggaran-pelanggaran dalam praktik.

Banyak pontensi di Magetan yang sangat mengiurkan investasi yakni dibidang pertanian dan pariwisata. Magetan sendiri termasuk lumbung padi Jawa Timur, sedangkan sentra produksi berada di kecamatan Takeran, Sukomoro, Maospati, Karangrejo, Barat dan kartoharjo.”Keseluruhan luas lahan 42.475 hektar dengan menghasilkan gabah 2.790.475 kuintal pertahunnya,”katanya.

Masih banyak peluang investasi di bidang pertanian  yakni,  Jagung, Ubi Jalar, Mangga, Strowberry ,jeruk Pamelo dan masih banyak lagi seperti kentang, sayur mayur  yang juga merupakan unggulan Kabupaten Magetan.

Dibidang pertenakan Magetan juga mempunyai peluang invetasi yang besar seperti sapi potong, sapi perah dan kambing maupun domba.” Usaha penggemukan sapi potong di Kabupaten Magetan dikembangkan dengan pola kemitraan. Sementara jumlah populasi sapi potong 108.872 ekor dan setiap tahun mengirim beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya hingga mencapai 18.655 ekor,”tandasnya.

Sementara sentra sapi kereman terdapat di kecamatan Panekan, Sidorejo, Plaosan dan poncol, sedangkan budidaya sapi betina dengan sistem inseminasi buatan juga dikembangkan dan populasinya mencapai 21.338 ekor dengan tingkat kelahiran 26.449 ekor.

Peluang investasi lainnya adalah di bidang pariwisata. Telaga Sarangan atau telaga pasir yang merupakan sebuah telaga yang terletak di lereng gunung Lawu  tepatnya  dikawasan wisata Sarangan dengan ketinggian 1.200 dpl. Beberapa fasilitas wisata yang dapat dinikmati antara lain hotel, berkuda, perahu, speedboat dan ski air pada even tertentu.

“Selain itu peluang investasi lainnya adalah air terjun tirtosari, watu Ondo, Pundak kiwo, dan air terjun jarakan, dan telaga Wahyu yang saat ini sudah banyak mendatangkan investasi dengan menanam modal membuka usaha rumah makan dan penginapan,”pungkasnya.Rina.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.