Jelang Idul Qurban, Dinas Peternakan Cek Kelayakan Hewan Qurban

Suarakumandang.com,BERITA PONOROGO. Jelang Hari Raya Idul Adha atau hari raya qurban yang dilangsungkan pada tanggal 11-12 Agustus nanti. Dinas pertanian dan Perikanan Kabupten Ponorogo, Jawa Timur  Intens melakukan pengecekan hewan Qurban.

Meski dalam pengecekan hari ini, Kamis(01/08/2019) pihaknya tidak menemukan hewan yang sakit namun pihak Dinas Tersebut menghimbau kepada masyarakat untuk lebih selektif dalam memilih hewan untuk qurban.

Menjelang perayaan umat Islam sedunia itu, petugas dinas pertanian dan Perikanan terus melakukan pengecekan kelayakan hewan qurban mulai dari kambing hingga sapi. Kali ini pihak terkait tersebut sambangi pasar Sumoroto, Ponorogo.

Siti Barokah Kepala  Seksi kesehatan dan  hewan dinas Pertanian dan perikanan kabupaten Ponorogo mengatakan persiapan pelaksanaan hewan qurban kita terjun ke lapangan. “Kita terus melakukan pengecekan kelayakan hewan qurban mulai dari kambing hingga sapi,”ujar Siti kepada jurnalis suara kumandang.

“Salah satunya pasar hewan dan penampungan hewan pedagang,  biasanya ada dikandang mereka, hari ini kita di pasar hewan somoroto,” Kata Siti.

Dari hasil pemeriksaan hari ini Siti mengungkapkan  kebanyakan kambing giginya belum tanggal tapi dijual untuk qurban. Seharusnya untuk melihat kambing secara umum melihat tanggalnya gigi satu pasang dan tumbuhnya gigi satu pasang.

” Jadi gigi kambing itu akan tanggal kemudian akan tumbuh itu menandakan sudah dewasa dan siap untuk qurban,” kata Siti lagi.

Dari pantauan Suara Kumandang para petugas dinas pertanian dan perikanan ini sengaja, melakukan pengecekan satu-persatu hewan qurban yang dijual pedagang di pasar tersebut. Pengecekan dimulai dari usia hewan sudah layak kurban atau belum.

Selain itu Pihak Dinas Pertanian dan perikanan menghimbau kepada masyarakat yang hendak berkurban untuk lebih teliti dalam memilih hewan kurban. Dimulai dengan cara melihat kedewasaan dan gigi hewan kurban sudah tanggal atau belum sesuai dengan syariat Islam.

Jurnalis: Yoga Kariem (magang).

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.